Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

100 Koperasi Primer Terbaik DKI Jakarta Bukukan Aset Rp2,5 Triliun

100 Koperasi Primer Terbaik DKI Jakarta Bukukan Aset Rp2,5 Triliun Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah sukses meluncurkan 100 Koperasi Besar Indonesia sepanjang tahun 2012 hingga 2021, Majalah Peluang kembali me-launching atau meluncurkan 100 Koperasi Pegawai Terbaik yang berada di lingkungan pemerintahan.

Menurut Ketua Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI), Syahnas Rasyid, pemilihan 100 Koperasi Pegawai Terbaik tersebut melalui seleksi dan penilaian yang sangat ketat terhadap daftar 314 koperasi primer (koprim) yang merupakan anggota PKPRI.

Baca Juga: MenKopUKM: Kemitraan Rantai Pasok Berbasis Koperasi Kunci Sukses Hilirisasi Industri Rumput Laut

"Parameter atau alat ukur untuk menentukan koperasi terbaik adalah ketaatan pada azas koperasi, loyalitas dan partisipasi anggota serta kinerja usaha yang menghasilkan aset dan omset. Taat azas ditunjukan dengan tertib menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dalam penilaian ini mengambil data angka berdasar RAT tahun buku 2020," ungkap Syahnas Rasyid di sela-sela launching yang digelar di Hotel Bidakara Jakarta pada Rabu (21/9/2022).

Bagi koperasi-koperasi yang belum begitu kuat secara permodalan, lanjut Syahnas, ke depannya PKPRI akan memberikan bantuan penguatan permodalan bagi anggota yang membutuhkan. Namun bagi anggota PKPRI yang telah memiliki modal cukup kuat, PKPRI, jelas Syahnas, akan memberikan pembinaan, arahan-arahan administrasi agar manajemen koperasi tersebut kian membaik.

Baca Juga: Menkop-UKM: UU Perkoperasian Adalah Solusi Sistemik dan Jangka Panjang

Dalam peluncuran 100 Koperasi Pegawai Terbaik yang berada di lingkungan pemerintahan yang diselenggarakan oleh Majalah Peluang, pihak penyelenggara juga memilih koperasi terbaik berdasarkan kategori penilaian klaster dari masing-masing lembaga dan kementerian.

Menurut Ketua penyelenggara, Yuni Hegarwati, koperasi-koperasi terbaik tersebut berada pada klaster Badan Usaha Milik Nasional/Badan Usaha Milik Daerah (BUMN/BUMD), klaster Pemda DKI Jakarta, serta klaster koperasi di lingkungan sekolah.

Baca Juga: Jangkau Nasabah UMKM, Fintech KoinWorks Akusisi BPR Asri Cikupa Karya

Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: