Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia-Australia Perbarui Kerja Sama Ekonomi, Ini Kata Sri Mulyani

Indonesia-Australia Perbarui Kerja Sama Ekonomi, Ini Kata Sri Mulyani Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah Indonesia dan Australia melalui Kementerian Keuangan menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk memperkuat kerja sama ekonomi antara kedua negara.

Ini merupakan pembaruan dari MoU yang akan memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan perspektif dalam mendukung ekonomi kedua negara yang telah dibangun selama 15 tahun.

“Modalitas kerja sama dan pertemanan ini merupakan hal baik dan dapat dicontoh oleh banyak negara dalam membina hubungan bilateral,“ kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati,

Sri Mulyani mengatakan Indonesia dan Australia memiliki hubungan persahabatan yang kuat termasuk dalam aspek ekonomi mengingat Australia adalah negara investor terbesar ke 15 bagi Indonesia.

Persahabatan ini juga ditandai dengan Australia yang menjadi tujuan ekspor terbesar ke 14 serta negara asal impor terbesar ke tujuh di dunia. Sejauh ini, Australia telah memiliki hubungan kerjasama yang strategis dengan Indonesia salah satunya melalui Program Kemitraan Indonesia-Australia untuk Perekonomian atau Prospera.

Beberapa area kerja sama yang telah dilakukan antara kedua negara ini, yaitu mengenai ekonomi, ekonomi internasional, kebijakan penerimaan termasuk perpajakan, reformasi struktural, pasar modal, serta sektor keuangan. Implementasi dari fokus kerja sama tersebut berupa kunjungan bilateral, konferensi, workshop, program magang, penelitian bersama, pertukaran informasi dan kegiatan pertemuan tahunan bersama.

Eratnya hubungan dari kedua negara itu turut tecermin dari dukungan Australia kepada Indonesia dalam Presidensi G20 karena nota kesepahaman ini akan meningkatkan kerja sama dalam pertemuan Menteri Keuangan G20 di Washington DC

Baca Juga: Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai di Jaringan ATM BCA

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: