Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perpres EBT Terbit, Pelaksanaannya Harus Dilakukan secara Konsisten

Perpres EBT Terbit, Pelaksanaannya Harus Dilakukan secara Konsisten Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Disahkanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 Tahun 2022 tentang Percepatan Pengembangan Energi Terbarukkan untuk Penyediaan Tenaga Listrik menjadi suatu hal yang harus diperhatikan pemerintah. 

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan pemerintah harus serius dalam penerapan peraturan ini jangan sampai kejadian serupa terulang pada penerapan pajak karbon. 

"Pemerintah harus konsisten dalam penerapan perpres ini. Jangan sampai seperti maju mundur seperti tarif karbon yang penerapannya sampai ditunda dua kali. Jelas ini membuat nama baik pemerintah dan keseriusan pemerintah menjadi terganggu," ujar Mamit saat dikonfirmasi Warta Ekonomi, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: PLN Gandeng Jepang dan China untuk Studi Teknologi EBT

Mamit mengatakan, Perpres 112/2022 ini merupakan langkah awal dalam regulasi terkait dengan EBT sambil menunggu disahkannya UU EBT. 

Menurutnya, melalui Perpres ini, arah pengembangan EBT di Indonesia sudah semakin terlihat dan diharapkan konsisten dalam menjalankan Kepres tersebut.

"Termasuk juga pelarangan pembangunan PLTU baru bagi PLTU yang tidak masuk dalam RUPTL maupun yang tidak bisa memberikan dampak ekonomi," ujarnya. 

Lanjutnya, melalui aturan harus mengurangi emisi sebesar 35 persen setelah 10 tahun beroperasi merupakan komitmen pemerintah untuk mengurang emisi dan menuju green. 

Dengan begitu, pembatasan operasi sampai 2050 juga merupakan sebagai lngkah tepat menuju Net Zero Emmision (NZE) pada 2060 yang akan datang.

"Pemerintah jika pun akan memberikan izin PLTU baru maka harus benar-benar memperhatikan segala aspek termasum multiplier effect-nya," tutupnya.

Baca Juga: OJK Bakal Evaluasi Semua Produk Saving Plan di Industri Asuransi

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: