Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tegas! Pewaris Disney Tolak Film Dokumenter yang Ingin Mencoreng Agama Islam

Tegas! Pewaris Disney Tolak Film Dokumenter yang Ingin Mencoreng Agama Islam Kredit Foto: Twitter/Abigail Disney
Warta Ekonomi, Jakarta -

Cucu pendiri Disney, Abigail Disney menolak film dokumenter terkenal tentang terorisme yang dia produksi setelah kritikus Muslim menuduh direkturnya mempromosikan stereotip berbahaya tentang Islam.

Cucu dari Ron Disney ini terdaftar sebagai produser eksekutif "Jihad Rehab" sebuah film berdurasi 110 menit yang disutradarai oleh Meg Smaker.

Smaker adalah seorang mantan petugas pemadam kebakaran berusia 42 tahun dari California, melakukan perjalanan ke Afghanistan dan kemudian ke Yaman setelah serangan teroris 11 September 2001.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Chen Bang, Miliarder China yang Dulang Cuan dari Rumah Sakit Khusus Mata

Melansir New York Post di Jakarta, Selasa (27/9/22) setelah belajar bahasa Arab dengan lancar, ia pun membuat film tentang fasilitas Saudi di mana para jihadis yang ditangkap menjalani rehabilitasi untuk melepaskan diri dari ideologi ekstremis.

Smaker membawa pemirsa ke dalam Pusat Konseling dan Perawatan Mohammed bin Nayef di ibukota Saudi, Riyadh, di mana teroris yang direformasi diajarkan pelajaran seni dan psikologi serta diizinkan mengakses kolam renang dan gym.

Awalnya, Disney senang dengan karya Smaker, menyebut film itu sangat brilian dalam email ke pembuat film tersebut. Namun Disney kemudian menolak proyek tersebut setelah kritikus Arab dan Muslim mempermasalahkan ras Smaker. Ini karena seorang wanita kulit putih dari California tidak dapat menangani subjek ekstremisme Islam dengan cara yang sensitif dan tidak memihak.

Baca Juga: Gandeng Pemkab Bogor, Bank Bjb Perluas Layanan Perbankan Bagi Pemerintah Daerah

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: