Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Buru Kejahatan terkait Kripto, Polisi Brasil Grebek Enam Bursa Kripto dalam Investigasinya

Buru Kejahatan terkait Kripto, Polisi Brasil Grebek Enam Bursa Kripto dalam Investigasinya Kredit Foto: Unsplash/Stanislaw Zarychta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam upaya melakukan investigasi terkait dengan penghindaran pajak dan pencucian uang yang melibatkan penggunaan kripto, polisi Federal Brasil telah memulai penggerebekan terhadap bursa atau pertukaran kripto yang ada di negara tersebut.

Dilansir dari Coindesk pada Selasa (27/9/2022), pada Kamis lalu polisi Federal Brasil telah menggerebek enam bursa kripto dalam penyelidikannya. Penyelidikan ini berasal dari laporan Intelijen Keuangan Brasil yang menemukan aktivitas bank mencurigakan terkait dengan perdagangan aset kripto.

Baca Juga: Gubernur California Memveto RUU terkait Perizinan Operasional Kripto

Berdasarkan catatan dari kepolisian, polisi federal telah menjalankan 101 surat perintah yang dikeluarkan oleh pengadilan pidana di Sao Paulo yang juga merupakan bagian dari Operasi Colossus yang dilaksanakan bersama dengan otoritas pajak Brasil. Surat perintah tersebut termasuk dua surat penangkapan dan 37 surat perintah penggeledahan dan penyitaan.

Selain merahasiakan nama-nama dari perusahaan yang terlibat, polisi juga memberikan perintah pembekuan aset senilai US$238 juta dan surat berharga dari entitas yang sedang diselidiki tersebut.

Tidak hanya itu, polisi federal Brasil juga melakukan penyitaan terhadap aset virtual yang jumlahnya tidak diungkapkan kepada publik namun diketahui dimiliki oleh sebanyak 28 bursa atau pertukaran kripto yang sedang diselidiki.

Baca Juga: OJK Fokus Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Hingga ke Daerah

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: