Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Empat Proses Adaptasi Perubahan di Dunia Digital

Ini Empat Proses Adaptasi Perubahan di Dunia Digital Kredit Foto: Unsplash/ConvertKit
Warta Ekonomi, Jakarta -

Masifnya kemajuan teknologi informasi menyebabkan tren perubahan di dunia digital berlangsung cepat. Sehingga individu yang cakap digital dituntut cepat beradaptasi agar tidak tertinggal.

Dosen Digital, Relawan Mafindo, dan Pandu Digital Indonesia, Aidil Wicaksono mengatakan, ada empat proses yang harus dilewati untuk beradaptasi dengan tren perubahan di dunia digital. Tahap pertama adalah mengetahui. Proses ini menuntut setiap individu melihat lanksap secara lebih general atau bahkan lebih luas.

Baca Juga: Content Creator & Entrepreneur Fellexandro Ruby Bagikan Tips Sukses Digital Marketing bagi UMKM

"Mengetahui saja tidak cukup. Kita harus memahami. Kita coba telusuri ada fitur-fitur apa saja yang bermanfaat," kata Aidil saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, pada Senin (26/9/2022).

Setelah mengetahui dan memahami, proses selanjutnya adalah menggunakan. Menurut Aidil, individu dapat dikatakan hanya tahu setengahnya ketika melihat sesuatu dari luar, tanpa berani menelusuri lebih lanjut dengan menggunakan. Kemudian, evaluasi menjadi proses terakhir.

Baca Juga: Masyarakat Makin Akrab dan Menyadari Perubahan ke Arah Digitalisasi

Aidil mencontohkan penggunaan aplikasi Zoom. Setelah melewati proses mengetahui, memahami, menggunakan, dan mengevaluasi. Aplikasi ini bisa dikatakan bermanfaat untuk pembelajaran secara online, ada fitur-fitur tertentu yang bisa dimanfaatkan, kemudian ada juga fitur-fitur yang kira-kira berguna atau tidak.

"Kita bisa lebih bijak mengambil sebuah keputusan. Ketika mau coba terjun dulu, mau gali lebih dulu aplikasi dan tren-tren yang sedang terjadi," kata Aidil.

Baca Juga: Ini Strategi Tugu Insurance Tingkatkan Literasi Keuangan di Indonesia

Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: