Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pahami Keamanan Digital, Cegah Diri Terjebak Investasi Bodong!

Pahami Keamanan Digital, Cegah Diri Terjebak Investasi Bodong! Kredit Foto: Freepik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Investasi merupakan satu faktor strategis dalam kegiatan perekonomian. Di era digital ini pilihan investasi makin beragam dibanding dulu yang sifatnya konvensional seperti membeli emas atau properti.

"Investasi adalah menunda konsumsi hari ini untuk kemudian dikonsumsi kemudian hari dengan nilai yang lebih tinggi, itulah esensi investasi," ujar Dosen Bisnis & Marketing UIN SATU, Deny Yudiantoro saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Senin (26/9/2022). 

Baca Juga: Ini Empat Proses Adaptasi Perubahan di Dunia Digital

Deny melanjutkan, investasi memiliki prodak yang banyak sekali. Ada yang produk konvensional dan digital namun intinya apapun bentuknya seseorang bisa mendapatkan penghasilan. Ketika mendapatkan gaji seseorang seharusnya tidak langsung menghabiskannya, tapi harus ada berapa persen dialokasikan untuk investasi. 

Berkaca pada kondisi pandemi, seseorang harus bisa mengatur antara kebutuhan dan keingginan sehingga bisa menyalurkan pendapatannya untuk investasi. Sehingga suatu kali kejadian kondisi seperti pandemi dan penghasilan terhenti memiliki cadangan sumber dana lainnya.

Namun ia mengingatkan bahwa investasi bukan menjadi alat untuk menjadi kaya tapi sebagai alat untuk mengamankan aset. Hal ini yang menjadi salah kaprah masyarakat, di mana saat berinvestasi bukan bertanya dulu mengenai keamanannya dan legalitasnya. Tapi berapa keuntungan yang akan didapat, tingkat pengembalian hasil dan berapa tingkat bunganya.

"Sehingga banyak sekali investasi bodong yang berkembang luar biasa di Indonesia dan itu berulang-ulang," tukasnya.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi

Baca Juga: Makin Moncer! Jeff Bezos Bekingi Platform Investasi Real Estat

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Business Coach Rumah Siap Kerja, Ismita Putri dan Dosen Ilmu Komunikasi Unitomo Surabaya Citra Rani Angga serta Dosen Bisnis & Marketing UIN SATU, Deny Yudiantoro. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi.

Baca Juga: Gandeng Pemkab Bogor, Bank Bjb Perluas Layanan Perbankan Bagi Pemerintah Daerah

Baca Juga: Lihat Anies Pakai Private Jet, Ferdinand Hutahean: Dia Salah Satu Oligarki Migas?

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: