Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jaga Kesehatan Jantung, Berikut Tujuh Langkah Dengan Cara Sederhana

Jaga Kesehatan Jantung, Berikut Tujuh Langkah Dengan Cara Sederhana Kredit Foto: Unsplash/Jair Lázaro
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Firizkita Dewi mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan langkah-langkah sederhana untuk mencegah penyakit jantung.

Seruan itu disampaikannya dalam memperingati Hari Jantung Nasional pada 29 September. "Mulai dari hal sederhana dengan menerapkan tujuh langkah kesehatan," kata dokter lulusan Universitas Padjadjaran itu dalam diskusi virtual di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Ketujuh langkah tersebut merujuk pada rekomendasi yang diberikan oleh American Heart Association (AHA). Dr Firizkita mengatakan langkah-langkah tersebut bukanlah langkah yang sulit untuk dilakukan.

Dr Firizkita menyebut bahwa perubahan gaya hidup yang dimulai dari hal-hal sederhana justru dapat memberi manfaat dan menjaga jantung lebih sehat. Berikut tujuh langkah untuk menjaga kesehatan jantung:

1. Berhenti merokok

Bagi perokok, berhentilah sesegera mungkin.

2. Jaga tekanan darah

Masyarakat dianjurkan untuk menjaga tekanan darah di bawah 120/80 mmHg.

3. Miliki berat badan ideal

Jaga berat badan ideal dengan indeks massa tubuh (BMI) di bawah 25.

4. Kendalikan kolesterol

Kontrol dan jaga kolesterol di bawah 200 mg/dL.

5. Kendalikan gula darah

Kontrol gula darah dengan target gula darah kuasa di bawah 100 mg/dL.

6. Olahraga rutin

Direkomendasikan untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang seperti jalan kaki dan jogging setidaknya total 150 menit per pekan yang dapat dibagi-bagi menjadi beberapa hari.

7. Jagalah pola makan yang sehat

Perbanyaklah konsumsi serat seperti sayuran, buah-buahan, gandum,dan ikan."Kurangilah konsumsi garam, gula, dan lemak jenuh," kata dr Firizkita yang berpraktik di RS Pusat Pertamina itu.

Tak hanya penerapan gaya hidup sehat, dr Firizkita mengatakan pentingnya masyarakat untuk mencegah faktor risiko penyebab penyakit jantung. Jangan menunggu sampai sakit hingga mengalami komplikasi.

Dr Firizkita menjelaskan bahwa jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh yang memiliki fungsi esensial, yaitu untuk memompa darah darah yang berisi oksigen dan nutrisi ke seluruh sel dalam tubuh manusia. Selain itu, dr Firizkita juga mengajak masyarakat untuk melakukan deteksi penyakit jantung secara dini.

Dr Firizkita menjelaskan bahwa masyarakat dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter jantung. Nantinya, dokter akan menilai kondisi pasien dengan mempertimbangkan sejumlah hal seperti kebiasaan yang menimbulkan faktor risiko, keluhan, hingga riwayat keluarga sakit jantung.

Pemeriksaan jantung, menurut Firizkita, sebenarnya memiliki beragam jenis dan tiap jenis pemeriksaan memiliki manfaat yang unik dan berbeda satu dengan lainnya.

Adapun pemeriksaan dasar akan dimulai dari elektrokardiografi (EKG) untuk mengetahui gambaran aktivitas listrik jantung. Kemudian dapat pula dilakukan tes treadmill, ekokardiografi, dan lainnya.

Baca Juga: Pendapatan Asuransi Jiwa Capai Rp 164,55 Triliun, Turun 4% di Kuartal III 2022

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: