Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dukung Transformasi Digital, Elitery Sediakan Layanan Cloud Computing

Dukung Transformasi Digital, Elitery Sediakan Layanan Cloud Computing Kredit Foto: Elitery
Warta Ekonomi, Jakarta -

Teknologi cloud computing atau yang lebih dikenal sebagai komputasi awan, diprediksi akan mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Hal ini sejalan dengan transformasi digital yang digaungkan pemerintah sejak pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu. Teknologi cloud computing menjadi katalisator dalam pemerataan transformasi digital di Indonesia. Pasalnya, teknologi tersebut dapat menentukan kecepatan perusahaan atau organisasi untuk dapat berporos ke peluang pasar baru, efektivitas melayani klien, serta kemampuan dalam meningkatkan skala operasional.

Presiden Direktur PT Data Sinergitama Jaya atau lebih dikenal sebagai Elitery, Kresna Adiprawira, mengatakan bahwa kebutuhan akan teknologi Cloud sangat besar di Indonesia untuk saat ini dan diprediksi akan makin besar untuk beberapa tahun ke depan. Hal ini didukung oleh Pemerintah yang terus menggaungkan Transformasi Digital untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Huawei Cloud Luncurkan Region Baru di Indonesia

Kresna mengatakan, saat ini Cloud sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari, hampir semua lini kehidupan sudah banyak menggunakan teknologi cloud, seperti layanan chatting, e-mail, video conferencing, dan semua aplikasi yang ada di smartphone, menggunakan teknologi cloud. "Apalagi, semenjak pandemi Covid-19 yang mengubah seluruh aspek kehidupan manusia secara drastis," kata dia.

Hal ini selaras dengan transformasi digital yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia. Menurutnya, cloud mengambil peranan penting dalam mempercepat transformasi digital. Teknologi cloud memungkinkan perusahaan dan pemerintahan untuk meneruskan memberikan layanan secara daring semasa pandemi. Dengan teknologi cloud, baik perusahaan maupun pemerintahan dengan cepat dapat menerapkan teknologi terbaru dengan biaya yang efektif dan efisien.

"Internet merupakan fondasi utama dalam transformasi digital di Indonesia dan ditambah Cloud merupakan salah satu enabler/tools-nya. Dengan layanan infrastruktur IT yang diberikan, Elitery terus membantu transformasi digital di Indonesia dengan memberikan layanan produk dan jasa yang dibutuhkan baik dari sektor pemerintahan maupun swasta," kata dia.

Kresna menambahkan, Elitery dapat memberikan produk dan layanan yang dibutuhkan pasar. Produk Elitery seperti Elicovery, Elivision, dan Sipandu dibuat untuk menjawab kebutuhan pasar, begitu juga dengan layanan unggulan Elitery, yaitu Managed Cloud dan Managed Network yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Seluruh produk dan layanan ini sudah dirasakan manfaatnya oleh pelanggan baik dari sektor pemerintahan maupun swasta.

Sebagai contoh, Elivision telah digunakan oleh salah satu bank swasta terbesar di Indonesia dalam mengelola data video di ribuan ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini pun Elivision sedang dalam proses patent pending, hal ini merupakan salah satu bukti kesuksesan dari produk yang dibuat oleh Elitery.

Di tengah tingginya kebutuhan teknologi Cloud Computing System di Indonesia saat ini, Kresna mengungkapkan, tantangan saat ini di Indonesia adalah masih kekurangan talenta digital, khususnya di bidang teknologi informasi untuk mendorong percepatan transformasi digital. Melihat kondisi tersebut, Kresna berinisiatif untuk membangun lembaga pelatihan TI, Elite Teknologi Academy. Menurut Kresna, Lembaga pelatihan ini akan menitikberatkan pada pelatihan teknologi cloud yang memang banyak dibutuhkan di Indonesia.

Baca Juga: Kisah Agen BRILink Bantu Angkat Ekonomi Keluarga dan Masyarakat di Banjarmasin

Baca Juga: Lihat Anies Pakai Private Jet, Ferdinand Hutahean: Dia Salah Satu Oligarki Migas?

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: