Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Fazz Tunjuk Mantan Petinggi Google dan Tokopedia sebagai CTO dan Head of Data & AI

Fazz Tunjuk Mantan Petinggi Google dan Tokopedia sebagai CTO dan Head of Data & AI Kredit Foto: Fazz
Warta Ekonomi, Jakarta -

Fazz mengumumkan penunjukan dua eksekutif senior, Angus Kong sebagai Chief Technology Officer (CTO) dan Seong Per Lee sebagai Head of Data & AI. Penunjukan ini sejalan dengan rencana perusahaan untuk mendorong upaya inovasi dan efisiensi operasional untuk mengakselerasi akses keuangan di Asia Tenggara, wilayah dengan 70% dari populasi orang dewasa yang masih belum memperoleh akses terhadap layanan bank sepenuhnya (underbanked) kendati adanya percepatan digitalisasi selama pandemi.

Penunjukan tersebut diumumkan sejalan dengan rebranding perusahaan baru-baru ini sebagai Fazz, yang meliputi Fazz Agen, aplikasi keuangan berbasis agen yang melayani usaha mikro dan kecil di Indonesia, serta memberikan kemudahan akses pembayaran, pembelian grosir, dan permodalan yang merata; dan Fazz Business, akun bisnis yang membantu perusahaan dengan berbagai sekala di Asia Tenggara untuk membangun, menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka di seluruh kawasan ini.

Baca Juga: Potensi Buruk Internet Tanpa Pengetahuan Keamanan Digital

Fazz awalnya dikenal sebagai Fazz Financial Group, penggabungan antara Payfazz asal Indonesia dan Xfers asal Singapura pada Maret 2021. Sebagai bagian dari rencana pertumbuhan perusahaan, Fazz hendak meningkatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan kemampuan Machine Learning Operations (MLOps) untuk memberikan layanan yang didukung dengan teknologi canggih bagi pengguna mereka. Penunjukan eksekutif senior ini, di mana keduanya membawa pengalaman global dan regional, akan membantu mempercepat proses pertumbuhan tersebut.

Dengan posisi barunya, Angus akan mengawasi data perusahaan dan strategi kecerdasan buatan, serta mengelola perkembangan tim teknologi perusahaan. Dengan pengalaman lebih dari 11 tahun dalam memimpin proyek terkait kecerdasan buatan, machine learning, dan data science dari perusahaan-perusahaan ternama termasuk Appier dan Google, Angus memiliki tujuan utama memimpin transformasi produk-produk Fazz ke dalam ekosistem keuangan digital yang menyediakan akses keuangan bagi bisnis-bisnis dengan berbagai skala di Asia Tenggara.

Sebelum bergabung dengan Fazz, Angus merupakan bagian dari tim Google AI yang memimpin tim teknologi untuk model pemahaman bahasa alami (natural language model) dan meluncurkan Universal Sentence Encoder pada AI Hub Google. Kemudian, dia juga mengembangkan tim data scientist di Tokopedia dari 20 menjadi 40 orang dan mendorong pembuatan beberapa aplikasi data science yang sukses seperti product image recognition, product review understanding, product recommendation, dan lain-lain.

Baca Juga: Kisah Agen BRILink Bantu Angkat Ekonomi Keluarga dan Masyarakat di Banjarmasin

Baca Juga: Asal Muasal Presidential Threshold 20 Persen Gegara Kemenangan SBY di Pilpres 2004, Ini Nih Biang Keroknya

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: