Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Masuki Era Digital, Terus Beradaptasi dan Hadapi Perubahan Budaya

Masuki Era Digital, Terus Beradaptasi dan Hadapi Perubahan Budaya Kredit Foto: Unsplash/Mimi Thian
Warta Ekonomi, Jakarta -

Budaya bersifat dinamis dan merupakan hal-hal yang terus ada pembaruannya. Tangantang netizen cakap digital adalah selalu siap dengan pembaruan tersebut dan mengoptimalkan yang sudah ada. Bukan berarti menghancurkan, tapi berupaya memperbaiki dan mengulasnya sehingga menjadi budaya yang lebih baik lagi.

Dosen Digital, Relawan Mafindo, dan Pandu Digital Indonesia, Aidil Wicaksono mengatakan, kalau budaya tidak dinamis, setiap individu sekarang ini masih mengendari kuda untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Sehingga budaya mencerminkan kekayaan dan kejayaan sebagai manusia yang mau terus berlajar.

Baca Juga: Bukan Dicecar Kata, Didiklah Anak Lewat Jadi Teladannya di Era Digital

Setiap individu, lanjut dia, perlu beradaptasi dengan perubahan budaya seiring kemajuan teknologi. “Bagaimana sekarang teman-teman ingin bereksplorasi. Cuma yang jadi kendala di sini adalah kita ketahan atau ragu eksplorasi karena belum kenal apa yang kita minati,” kata Aidil saat webinar Makin Cakap Digital untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Kediri, Jawa Timur, pada Jumat (30/9/2022).

Ketika bereksplorasi, setiap orang bisa mengawalinya dengan melakukan hal-hal lain. Langkah ini dapat menambah wawasan dan cakrawala baru. Sebab, perubahan budaya tidak ada hentinya, sehingga individu harus terus menambah wawasan.

Setiap individu, menurut Aidil, bisa belajar sesuai gayanya masing-masing. Misal mengedepankan visual, audio, membaca dan menulis, atau bahkan melakukan aktivitas langsung.

“Silakan direnungkan dan lihat kembali historical, senang menerima informasi dalam bentuk apa. Dari situ bisa coba berkreasi dengan cara belajar. Karena wawasannya harus terus bertambah kalau bicara adaptasi yang tidak ada henti-hentinya,” kata Aidil.

Baca Juga: Era Digital, Waktu Tepat Tanamkan Nilai Pancasila Sejak Dini

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Baca Juga: Ternyata Ganjar yang Bikin Anies Dijegal Pergi ke Daerah-daerah: Elektabilitasnya Mulai Mendekati, jadi Paham Diganggunin Terus

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: