Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apresiasi Pahlawan Digital UMKM, Teten Masduki: Solusi Akan Kunci Menuju Digitalisasi

Apresiasi Pahlawan Digital UMKM, Teten Masduki: Solusi Akan Kunci Menuju Digitalisasi Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM) Teten Masduki mengatakan, melalui program Pahlawan Digital UMKM bekerja sama dengan para investor untuk mengembangkan UMKM untuk masuk pada ekosistem digital.

Dalam hal ini, UMKM yang masuk dalam ekosistem digital nantinya akan menjadi mitra strategis pemerintah dalam gerakan #berubahdigital guna mengembangkan potensi ekonomi digital.

Baca Juga: Menteri Teten: Presiden Beri Perhatian Besar untuk UMKM

"Ada tiga pilar #berubahdigital yaitu transformasi digital koperasi dan UMKM, integrasi pendapatan lengkap koperasi dan UMKM serta Pepres 2 Tahun 2022 tentang pengembangan kewirausahaan nasional," jelas Menteri Teten dalam acara Pahlawan Digital UMKM, di M-Blok, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Teten menjelaskan, transformasi digital merupakan bagian penting UMKM untuk terus berdaya. Tidak hanya terfokus pada pemasaran, namun juga membangun ekosistem bisnis dari hulu ke hilir.

Untuk itu terdapat tujuh aspek transformasi digital yang menjadi prioritas. Yaitu digitalisasi akses pasar, digitalisasi pemantauan kualitas produksi, digitalisasi keuangan dan akses pembiayaan, digitalisasi manajemen organisasi, digitalisasi kapasitas produksi, digitalisasi supplier/pasokan, dan digitalisasi distribusi.

Menkop-UKM Teten menyatakan, dari data Agustus 2022 terdapat 20 24 juta UMKM yang telah onboarding digital. Jumlah ini bertambah sejak awal pandemi sebanyak 12,24 juta atau 31,1% dari total populasi UMKM.

Baca Juga: Dukung UMKM Naik Kelas, Jokowi Resmikan Gerakan Kemitraan Inklusif

"Jumlah ini sama dengan 67,4% dari target 30 juta UMKM onboard ekosistem digital pada tahun 2024," tegas Teten.

Baca Juga: Nah Lho! Survei Membuktikan Pasangan Anies-AHY Ternyata Kalah dari Pasangan Prabowo-Ganjar

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: