Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

NasDem Yakin Gandeng Anies Baswedan, Nyarwi Ahmad: Anies Mengerti Apa yang Diinginkan Jokowi

NasDem Yakin Gandeng Anies Baswedan, Nyarwi Ahmad: Anies Mengerti Apa yang Diinginkan Jokowi Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pendeklarasian Anies Baswedan sebagai bakal capres oleh Partai NasDem mengindikasikan jika partai yang dipimpin Surya Paloh itu sudah mendapatkan dukungan cukup solid dari partai-partai lain yang akan menjadi blok koalisi pengusung pasangan capres-cawapres.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Nyarwi Ahmad. Menurutnya, paling tidak ada dua partai yang sangat potensial dalam barisan koalisi Partai NasDem, yakni PKS dan Partai Demokrat.

Baca Juga: Terus Sindir NasDem hingga Unfollow, Denny Siregar Malah Disentil: Gak Ngaruh! Siapa Elu?

"Nah, apakah apa yang dilakukan oleh NasDem tersebut mampu menggoyahkan koalisi tiga partai KIB (Golkar, PPP, dan PAN), itu menarik juga untuk dicermati," kata Nyarwi, Senin (3/10).

Selain itu, lanjut Nyarwi, apakah yang dilakukan Partai NasDem tersebut nantinya mampu menarik PDIP untuk bergabung dan ikut mendukung langkah partai besutan Surya Paloh itu juga pasti lebih menarik rasa penasaran publik.

"Atau sebaliknya, apakah apa yang dilakukan oleh NasDem tersebut dapat memantik PDIP untuk lebih cepat memilih dan mengumumkan capres yang akan diusungnya dan membangun koalisi dengan partai lain, itu juga menjadi misteri yang ingin diketahui banyak orang," paparnya.

Nyarwi memandang Partai NasDem ingin memaksimalkan potensi coattail effect dari daya magnetik elektoral Anies, khususnya di kalangan anak muda. "Dengan jumlah pemilih yang besar, pemilih muda (gen Z dan milenial) menjadi faktor penting yang bisa menentukan siapa saja yang bisa menjadi pemenang dalam Pilpres mendatang," ungkapnya.

Baca Juga: Kasihan Prabowo Subianto, Dukungan Jokowi untuk Presiden Selanjutnya Hanya 'Angin Surga'

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.com.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: