Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Internal NasDem dan Koalisi Jokowi Makin Memanas, Anies Baswedan Jadi Biang Keroknya: Gegara Dia...

Internal NasDem dan Koalisi Jokowi Makin Memanas, Anies Baswedan Jadi Biang Keroknya: Gegara Dia... Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Aktivis Faizal Assegaf menyoroti bagaimana sejumlah polemik serta kejutan datang setelah pengusungan resmi dari Anies Baswedan.

Diawali dengan persaingan dari Partai NasDem yang mencalonkan mantan menteri pendidikan tersebut serta Partai Solidaritas Indonesia yang mendukung Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Anies Baswedan, Prabowo atau Ganjar Pranowo, Dimana Dukungan Jokowi Berlabuh? Ternyata...

Hal ini dinilainya sebagai tanda akan mulai retaknya kongsi partai politik dalam pemerintahan koalisi Joko Widodo atau Jokowi.

“Gegara Anies picu konflik serius PSI dan Nasdem. Teater politik kedua Parpol picu daya rusak di lingkaran Istana. Parpol koalisi Jokowi retak,” jelasnya, Rabu (5/10/2022).

Dengan deklarasi dua partai yang sebelumnya berkoalisi itu, Faizal Assegaf menganggap sebagai pelecehan terhadap PDIP yang dulunya bagian dari koalisi yang sama.

“Selain PSI yang agresif obrak-abrik hormoni Parpol Koalisi, muncul dinamika di inyernal Nasdem, kader potensial rame-rame hengkang,” paparnya.

Baca Juga: NasDem Sudah Rasakan Anies Baswedan Effect, PKS Beberkan Rahasia: Maunya Bareng, Cuma Terhalang...

Walaupun jumlah kader Nasdem yang mundur usai pengumuman pencapresan Anies tidak signifikan, tapi bagi dia bisa mempengaruhi kondisi partai.

Baca Juga: BSI Berangkatkan Umrah 120 Guru, Relawan dan Tenaga Medis

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: