Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tiga Kursi Menteri NasDem Terancam Pascadeklarasi Anies? Tobas: NasDem Kawal Jokowi Sampai Selesai

Tiga Kursi Menteri NasDem Terancam Pascadeklarasi Anies? Tobas: NasDem Kawal Jokowi Sampai Selesai Kredit Foto: Humas MPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024, Partai NasDem dinilai harus siap menerima konsekuensi yang muncul. Salah satunya adalah terkait kursi menteri di Kabinet Jokowi.

Selama ini Anies memang diasosiasikan sebagai oposisi, antitesis dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), sedangkan NasDem berada dalam koalisi pemerintahan Jokowi. Pengamat politik Ahmad Khoirul Umam menilai, keputusan NasDem tersebut bisa berdampak pada 3 jatah kursi menteri yang dimilikinya saat ini.

Baca Juga: Cucu Nabi Dukung NasDem Deklarasikan Anies Baswedan: Lebih Cepat Lebih Baik

"Potensi risiko yang paling besar adalah ancaman reshuffle tiga menteri Nasdem di pemerintahan dan evaluasi total posisi NasDem di lingkaran kekuasaan," kata Dosen Universitas Paramadina ini, dikutip Kamis (6/10/2022).

Bahkan, jelas Ahmad, bisa terjadi kriminalisasi dan penggembosan kekuatan politiknya menjelang 2024. Semua itu bisa dinetralisasi jika NasDem bisa segera berkoordinasi dengan Demokrat dan PKS.

Jika mekanisme internal Demokrat dan PKS bisa segera berjalan cepat untuk menyambut langkah NasDem, besar kemungkinan deklarasi koalisi ketiga partai akan dilakukan sebelum akhir tahun 2022 ini.

Baca Juga: Ekspansi Usaha, Kredivo Siap Rilis Krom Bank Tahun Depan

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: