KKP Dorong Ekosistem Pasar Ikan Hias Air Tawar dalam Gelaran Kalikan Expo 2022
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan salah satu brand digital marketplace Kalikan dalam memperluas pasar ikan hias air tawar Indonesia. Kerja sama KKP dengan Kalikan meliputi pemasaran ikan hias air tawar berbasis online, penguatan strategi promosi, dan peningkatan kapasitas pelaku usaha.
Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Erwin Dwiyana, memaparkan bahwa kerja sama tersebut akan diwujudkan dalam acara Kalikan Expo 2022 pada 14-16 Oktober mendatang.
Baca Juga: KKP Tempatkan Rumput Laut jadi Budi Daya Prioritas
Erwin memaparkan, Kalikan Expo 2022 yang rencananya digelar di JI-Expo nanti, dilakukan untuk memperkuat promosi ikan-ikan hias air tawar Indonesia. Dia juga menyebut bahwa pasar ikan hias air tawar secara global memiliki potensi yang cukup besar.
"Dari sisi pasar global, untuk ikan hias ini diperdagangkan hampir 80 persen, itu adalah ikan hias air tawar. Kalau kita melihat, Indonesia itu juga sama. Kontribusi ekspor kita terbesar juga di ikan hias air tawar," jelas Erwin dalam konferensi persnya di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta, Senin (10/10/2022).
Selain itu, Erwin juga menyebut bahwa gelaran Kalikan Expo 2022 tersebut dilakukan untuk memberikan keyakinan pada masyarakat bahwa ikan hias air tawar memiliki potensi yang beragam. Oleh sebab itu, Erwin menilai bahwa potensi tersebut mesti terus digali.
"Kita lihat bahwa ikan hias di dunia itu ada sekitar 32.000 (jenis), kemudian ikan hias di Indonesia itu jenisnya sampai 4.500 dan khusus untuk ikan hias air tawar ada sekitar 1.400," jelasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Andi Hidayat
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Tag Terkait: