Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tahun 2023 Pemerintah Bakal Beri Insentif Mobil Listrik, Ini Bocoran dari Menhub!

Tahun 2023 Pemerintah Bakal Beri Insentif Mobil Listrik, Ini Bocoran dari Menhub! Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sedikit memberikan bocoran mengenai rencana diadakannya insentif berupa subsidi untuk pembelian kendaraan listrik, baik mobil ataupun motor listrik oleh masyarakat. Proyek insentif berupa subsidi tersebut diharapkan bisa keluar pada tahun 2023 mendatang.

"(Insentif subsidi kendaraan listrik) sedang kita bahas. Jadi ide dari beberapa Kementerian melihat bahwa (ekuilibrium) daripada mobil listrik akan bertambah baik dan cepat apabila ada subsidi," ujar Budi Karya Sumadi saat ditemui awak media seusai acara ALI 2022 di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Baca Juga: Dirut: Pakai PLN Mobile, Tukar Baterai Kendaraan Listrik Cukup 1 Menit

"Kami sebagai sektor Kementerian/Lembaga yang menangani akan senang sekali, karena memang kemungkinannya itu bisa dilakukan," lanjutnya.

Berdasarkan perhitungannya, Budi menyebut subsidi kepada pembeli motor dan mobil listrik dalam kurun waktu 3-4 tahun itu setara dengan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) selama 3-4 tahun.

Dengan adanya penggunaan mobil ataupun motor listrik, ke depannya juga akan membantu pemerintah dalam merealisasikan target nol emisi karbon.

Baca Juga: Kemenhub Terus Optimalkan Keselamatan Pelayaran di Indonesia Lewat Sinergitas Jajarannya di Daerah

"Sehingga ada satu perhitungan yang baik, tentunya ada keuntungan lain, berkaitan dengan lingkungan, berkaitan dengan kemacetan dan lain sebagainya," ucapnya.

Akan tetapi, terkait kapan dan seperti apa implementasi dari proyek ini, Budi masih enggan untuk membocorkannya. Ia berharap proyek ini mulai dirilis tahun depan.

"Insyaallah tahun depan," pungkasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tamblang di Buleleng

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: