Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Astra-Pemkab Lombok Utara Dorong Petani Porang Ekspor ke China

Astra-Pemkab Lombok Utara Dorong Petani Porang Ekspor ke China Kredit Foto: Astra
Warta Ekonomi, Bandung -

Pemerintah Kabupaten Lombok Utara mengapresiasi langkah PT Astra Internasional dalam membantu akses pemasaran produk para petani porang yang ada di wilayahya. Bahkan, kini produk porang petani Lombok Utara bisa diekspor ke China.

"Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam lauching ekspor porang ke China. Ini bukan pekerjaan yang mudah dan sebentar, bahkan tadi 6 tahun merintisnya. Sejauh ini kita mengekspor bahan mentah, tapi kini kita buktikan hari ini dengan kolaborasi bisa ekspor," jelas Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto Ridawan, dalam keterangan resminya, Kamis (20/10/2020).

Baca Juga: Astra Agro Kampanyekan Kelapa Sawit ke Sekolah Dasar

Danny berharap, ke depan kontinuitas produk porang dan pertanian yang ada di Lombok Utara bisa menemukan pasarnya. "Yang paling susah itu menemukan pasarnya, kita punya petani, lahan, dan potensi luar biasa sumber daya alamnya, bahkan konsumen sudah ada, tapi menghubungkan rantainya ini yang butuh orang. Rantai yang menguntungkan petani," jelasnya.

Tentunya, PT Joglo Semar ke depan bisa memfasilitasi dan menampung produk pertanian dan peternakan di Lombok Utara. Terlebih, potensi Lombok Utara sangat luar biasa, tidak hanya porang, komoditas pertanian lainnya pun sangat memungkinkan bisa dipasarkan.

"Kami berpirkir komoditas lain yang punya nilai lebih yang bisa dorong kesejahteraan masyarakat lebih maju. Ini jadi tantangan pemerintah membina para petai untuk memilih komoditas yang tepat dan menemukan pasarnya," ungkapnya.

Adapun Ketua Koperasi Berkah Gumi Lombok dan Local Champion DSA Lombok Utara Putra Anom menambahkan, sudah 800 anggota yang tergabung dalam koperasi yang tersebar di Kecamatan Bayan dan Gangga. "Kami di koperasi bekerja sama dengan kelompok, menjaga porang tidak menggunakan pupuk berbau kimia," ujarnya.

Pihaknya pun mengapresiasi kolaborasi dan inovasi yang telah dilakukan sehingga para petani bisa melakukan ekspor porang keluar negeri.

"Dulu petani di Lombok Utara menjual porang masih dalam keadaan gelondongan ke Surabaya, tapi sekarang sudah bisa ekspor melalui PT Joglosemar Karangsari Makmur. Ini sebuah prestasi yang kami raih secara bersama. Ke depan kita tetap menjaga inovasi kolaborasi tetap bersama," ungkapnya.

Sementara itu, Head of Social Engagement Astra Internasional, Triyanto, megatakan bahwa Astra berkomitmen memberikan manfaat dan membantu mengembangkan Indonesia melalui program kontribusi sosial berkelanjutan yang berfokus pada 4 Pilar CSR Astra, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Kewirausahaan, dan Lingkungan.

Baca Juga: BTN Pastikan Dana Rights Issue Digunakan Untuk Penuhi Kebutuhan Rumah Masyarakat

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: