Era Media Sosial, Manfaatkan Fitur untuk Jejaring Pertemanan hingga Bisnis
Media sosial menjadi jembatan komunikasi dalam membangun relasi maupun kolaborasi dengan berbagai macam tujuan. Platform media sosial yang ada pun dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan hiburan maupun bisnis untuk membangun citra suatu brand.
"Interaksi di media sosial itu sangat luas, bahkan kita tidak perlu bertatap muka, tidak perlu satu negara," ujar seorang Digital Marketing, Diaz Yasin, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (21/10/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.
Baca Juga: Masyarakat Belajar Aman Berinternet agar Terhindar Modus Penipuan Digital
Media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah untuk peningkatan penjualan atau marketing. Setelahnya, media sosial biasa digunakan untuk membangun personal branding dan membuka bisnis melalui media sosial. Fungsi media sosial lainnya juga digunakan untuk alat belajar pribadi, yaitu media belajar dari apa yang terjadi di komunitas dan di seluruh dunia.
Diaz mengatakan, sebagai media untuk berbagi sejak awal media sosial merupakan tempat mendapatkan informasi dan ide dalam berbagai cara. Baik tertulis maupun gambar dan video, sifatnya bisa pribadi atau publik. Selanjutnya, elemen yang paling kuat dari media sosial adalah sifatnya yang interaktif, mematahkan batasan waktu dan jarak satu sama lain.
Kecakapan pengguna untuk mengelola informasi di media sosial sangat dibutuhkan, bukan hanya sekadar berbagi, melainkan harus memahami informasi apa yang boleh dan tidak untuk dibagikan. Seperti hal yang dilarang, yaitu berkaitan konten negatif berupa hoaks, ujaran kebencian yang melanggar UU ITE. Kemudian pengguna harus mengetahui batasan dalam berbagi, seperti tidak membagikan unggahan data pribadi karena akan berbahaya dari segi aspek keamanan digital.
Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi.
Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Founder, Komisaris Lenere Business Suites, Eko Prasetyo; Digital Marketing, Diaz Yasin; Kepala Bidang Kemitraan Siberkreasi, Ari Budi Wibowo. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Puri Mei Setyaningrum