Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hingga 2024, Hutama Karya Kebut Penyelesaian Proyek Jalan Tol Trans Sumatra

Hingga 2024, Hutama Karya Kebut Penyelesaian Proyek Jalan Tol Trans Sumatra Kredit Foto: HK
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) memastikan progres pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) berkembang secara signifikan.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan secara ekuivalen panjang ruas JTTS tahap I ialah 1064 km, dengan ruas operasional sepanjang 549 km dan ruas konstruksi sepanjang 515 km. “Fokus kami pada 2023 hingga 2024 mendatang untuk menyelesaikan pengerjaan konstruksi JTTS tahap I.” imbuh Koentjoro di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan pada 2022, target penambahan ruas JTTS sepanjang ekuivalen 77,26 km. Ruas tol tersebut yakni Kisaran – Indrapura sepanjang 11,11 km, Pekanbaru –Bangkinang sepanjang 4,95 km, Bangkinang – Pangkalan sepanjang 4,19 km, Binjai – Langsa (Seksi Binjai – Pangkalan Brandan) sepanjang 24,07 km, Sigli – Banda Aceh (Seksi 1,5 dan 6) sepanjang 0,35 km, Simpang Indralaya – Prabumulih 21,12 km dan ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat 10 km.

Sementara itu realisasi pembangunan dari target penambahan ruas JTTS pada 2022 per September 2022 untuk ruas Kisaran – Indrapura sepanjang 9,09 km, Pekanbaru –Bangkinang sepanjang 1,62 km, Bangkinang – Pangkalan sepanjang 2,59 km, Binjai – Langsa (Seksi Binjai - Pangkalan Brandan) sepanjang 11,15 km, Sigli – Banda Aceh (Seksi 1,5 dan 6) sepanjang 0,64 km, Simpang Indralaya – Prabumulih sepanjang 15,37 km, dan ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat sepanjang 7,7 km.

Sementara per September 2022 ruas JTTS tambahan ruas tol yang beroperasi diantaranya ruas tol Sigli – Banda Aceh Seksi 2 (6 km) dan Binjai – Stabat Seksi 1 (12 km).

Lalu ruas tol yang akan beroperasi dalam waktu dekat yakni ruas tol Bengkulu – Taba Penanjung (17 km) dan ruas Pekanbaru – Bangkinang (31 km). Untuk 2023, Koentjoro menerangkan Hutama Karya akan fokus menyelesaikan seluruh pembangunan JTTS ruas tahap I dengan target pembangunan ruas tol Sigli – Banda Aceh Seksi 1, 5 dan 6 (2 km), Kisaran – Indrapura (23 km), Sicincin – Padang (8 km), Bangkinang – Pangkalan (7 km), Pekanbaru – Bangkinang (5 km), dan Binjai – Langsa Seksi Binjai – Pangkalan Brandan (5 km) .

Baca Juga: Transaksi Tol Nirsentuh Mulai Uji Coba

Sementara target yang dapat dioperasionalkan pada 2023 yakni ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 1, 5 dan 6, ruas tol Indrapura – Kisaran, ruas tol Kuala Tanjung –Tebing Tinggi – Parapat, ruas tol Bangkinang – Pangkalan, dan ruas tol Indralaya – Muara Enim seksi Indralaya - Prabumulih.

Pembangunan JTTS didukung oleh pemerintah berupa pendanaan PMN (Penyertaan Modal Negara) serta untuk beberapa ruas konstruksinya mendapatkan pendanaan dari ekuitas dan penerbitan GMTN (Global Medium Term Notes).

Selain itu, dalam meningkatkan skala perekonomian masyarakat, pada ruas-ruas tol yang dikelola, Hutama Karya juga berkomitmen dalam melibatkan dan mengutamakan peran masyarakat setempat dan pengusaha lokal (UMKM) dengan memfasilitasi sewa tenant khusus UMKM dengan sistem sewa terjangkau.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel: