Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perpustakaan BI Sumut dan UMSU Gelar Bedah Buku 'Creta di Negeri Raksasa' Karya Fenny Irawati

Perpustakaan BI Sumut dan UMSU Gelar Bedah Buku 'Creta di Negeri Raksasa' Karya Fenny Irawati Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Medan -

Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara bekerja sama dengan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar acara bedah buku Creta di Negeri Raksasa karya Fenny Irawati di Gedung Perpustakaan Universitas Muhammaddiyah Sumatera Utara di Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Doddy Zulverdi, diwakili Asisten Direktur Kehumasan KPw BI Provinsi Sumatera Utara, Jazari Abdul Hamid, mengatakan bahwa acara Bedah Buku ini merupakan program rutin Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara yang diadakan setiap tahunnya.

Baca Juga: Maarif Institute Luncurkan Tiga Buku Karya Ahmad Syafii Maarif

"Pada tahun ini, Perpustakaan BI Sumut melalui Relawan Perpustakaan BI Sumut berkolaborasi dengan Relawan Perpustakaan UMSU untuk mengadakan kegiatan Library Talk’s yang dilaksanakan hari ini secara daring di Perpustakaan BI Corner UMSU," katanya, Senin (31/10/2022).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan usia produktif yang kontributif, inovatif, dan kolaboratif yang partisipatif terhadap perubahan saat ini serta untuk membumikan sastrawan lokal Sumatera Utara.

"Adanya Litalk’s ini juga diharapkan mampu membangkitkan kesadaran akan pentingnya membaca, memahami, dan menyaring informasi mengenai buku anak yang dibutuhkan dalam upaya pengambilan referensi yang tepat untuk anak. Selain itu, acara Library Talk’s ini juga diharapkan menjadi sarana untuk lebih mengenalkan Perpustakaan kepada masyarakat, khususnya di Sumatera Utara," ujarnya.

Perpustakaan KpwBI Sumut berdiri sejak tahun 1991 yang pada saat ini memiliki koleksi tercetak sekitar lebih dari 17.000 eksemplar antara lain Publikasi BI berupa laporan, statisk dan jurnal, buku teks dari penerbit nasional dan internasional, majalah dan koran.

"Perpustakaan juga memiliki koleksi multimedia berupa kaset statitik, buku digital, dan kaset pembelajaran," katanya.

Di samping itu, Perpustakaan Bank Indonesia memiliki aplikasi yang terhubung dengan seluruh Perpustakaan Kantor Perwakilan dalam pemanfaatan koleksi bahan pustaka agar terpusat dan tersistem.

"Aplikasi tersebut bernama iBI Library yang dapat diunduh melalui handphone dan PC Desktop. Di dalamnya, Perpustakaan BI Sumut memiliki ruang khusus, yakni ePustaka KPw BI Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah koleksi mencapai 3.645 judul/eksemplar dan akan terus ditingkatkan mengingat kemudahan akses dan sifatnya yang praktis juga gratis," katanya sehingga masyarakat dapat membaca kapan pun dan di mana pun berada.

"Kami berharap, dengan makin banyaknya koleksi digital yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, akan memudahkan pemustaka (pengguna perpustakaan) dalam menelusuri informasi yang dibutuhkan sehingga penyebaran literasi dapat terus ditingkatkan," pungkasnya.

Baca Juga: Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Tumbuh Hingga 12% pada 2023

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: