Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terus Lakukan Perluasan Kawasan, Jababeka Kembangkan Fasilitas Penyelamatan

Terus Lakukan Perluasan Kawasan, Jababeka Kembangkan Fasilitas Penyelamatan Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah sukses membangun dan mengelola Kawasan Industri Jababeka - Cikarang menjadi kawasan Industri terbesar se-Asia Tenggara, PT Jababeka Tbk terus mengembangkan wilayah Kawasan Industri Jababeka yang hingga saat ini sudah mencapai fase ke-9.

Perluasan wilayah tersebut diiringi dengan hadirnya fasilitas-fasilitas agar tenant Kawasan Industri Jababeka merasa nyaman dan aman menjalankan usahanya. Salah satunya ialah menghadirkan fasilitas penyelamatan Markas Komando Pemadam Kebakaran (Mako Damkar) & Rescue di dalam kawasan Industri Jababeka 1.

Tak puas sampai di sana, baru baru ini PT Jababeka Tbk melalui salah satu anak perusahaannya, yaitu PT Jababeka Infrastruktur, menghadirkan Markas Komando Pemadam Kebakaran (Mako Damkar) & Rescue yang kedua. Hal itu ditandai dengan peresmian Mako Damkar & Rescue bertempat di Kawasan Industri Jababeka 6, pada Selasa (25/10) lalu.

Baca Juga: Siasati Masalah Disrupsi Food Suply Chain, Jababeka Dorong Kerjasama Konkret dengan Australia

Adapun peresmian dilakukan langsung oleh Tjahjadi Rahardja selaku Direktur Utama PT Jababeka Infrastruktur, ditandai dengan pemotongan pita dan potong tumpeng. Pemotongan pita didampingi juga oleh Agung Wicaksono selakuManaging Director PT Jababeka Infrastruktur, Mayjen (Purn.) TNI, Sumardi selaku Ketua City Council Jababekadan dihadiri oleh jajaran manajemen PT Jababeka Infrastruktur, perwakilan dari setiap unit Jababeka dan para tenant Jababeka.

Dalam acara peresmian tersebut, tim Damkar & Rescue Jababeka juga memberikan penampilan menarik, yaitu atraksi simulasi penyelamatan saat kebakaran. Mulai dari kebakaran rumah tangga, bahan kimia, hingga penyelamatan kebakaran gedung tinggi.

“Tujuan dari dibangunnya Mako Damkar & Rescue Jababeka yang ke-2 ini adalah untuk memperluas cakupan penyelamatan hingga Kawasan Industri Jababeka fase 9 yang tengah dibangun. Selain itu, fasilitas penyelamatan ini juga termasuk untuk area residensial Jababeka,” kata Agung, dalam sambutannya.

Baca Juga: Pertamina NRE- Jababeka Infrastruktur Kembangkan Green Industrial Cluster

Ia menambahkan bahwa fasilitas Damkar & Rescue Jababeka diperuntukkan bagi para perusahaan yang berada di Kawasan Industri Jababeka dan bersifat pendukung Dinas Damkar Kabupaten Bekasi. “Karenanya, bagi seluruh perusahaan yang butuh pelayanan Damkar & Rescue Jababeka, tim damkar Jababeka selalu siap siaga membantu,” lanjut Agung.

Tak selesai di situ, kegiatan peresmian Mako Damkar & Rescue Jababeka yang kedua sekaligus membuka fasilitas terbaru, yaitu Training Center Pembinaan Ahli K3 Kebakaran & Pelatihan Tenant. Di mana, saat ini sedang dalam proses pembangunan.

Berbeda dengan fasilitas Mako Damkar & Rescue Jababeka, fasilitas Training Center Pembinaan Ahli K3 Kebakaran & Pelatihan Tenant diperuntukkan untuk umum hingga ke luar Kawasan Jababeka. Salah satu program andalan yang ditawarkan, yaitu Pelatihan Pemadaman Kebakaran bersertifikasi dan lisensi dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

“Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan, setiap perusahaan mampu menangani penyelamatan awal saat terjadi kebakaran. Sehingga, kemungkinan terjadinya kebakaran di perusahaan semakin mengecil,” harap Agung.

Baca Juga: OJK dan LPS Atur Kriteria Peserta Asuransi yang bisa Masuk Penjaminan Polis

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Advertisement

Bagikan Artikel: