Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

KTT G20 Beri Manfaat, Transaksi Valas Naik Hingga 40%

KTT G20 Beri Manfaat, Transaksi Valas Naik Hingga 40% Kredit Foto: Kemenko Marves
Warta Ekonomi, Jakarta -

Transaksi penukaran valuta asing (Valas) naik cukup tinggi menjelang puncak KTT G20 pada tengah November di Bali. Kenaikan sejalan dengan makin banyaknya kedatangan utusan dan wisatawan ke pulau dewata. Sejauh ini penukaran valas terbesar mencakup dolar Amerika, EURO, yen Jepang, dolar Australia, dolar Singapore, dan ringgit Malaysia.

"Peningkatan transaksi penukaran Valas sudah mencapai sekitar 40% di berbagai gerai money changer. Transaksi pembayaran nontunai dengan QRIS dan digital payment lainnya seperti kartu kredit juga naik," ujar Ketua BPD Asosiasi Pedagang Valuta Asing (APVA) Bali Ayu Astuti Dhama, Kamis (3/11/2022) dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Jadi yang Paling Unggul, BRI Jalankan BO Valas Bersama Kementerian Keuangan

Peningkatan transaksi valas lewat gerai fisik memang masih banyak digunakan para wisatawan  karena masih adanya sejumlah kendala. Diantaranya, pembayaran dengan menggunakan QRIS atau QR code masih terbatas kepada penduduk Indonesia sebab membutuhkan data kependudukan. Penggunaan pembayaran dengan QRIS secara lintas batas baru bisa dilakukan dengan Thailand.

Selama penyelenggaraan KTT, Bank Indonesia (BI) memastikan ketersediaan uang baik valas maupun rupiah. Ketersediaan uang di semua Anjungan Tunai Mandiri (ATM) juga dipastikan aman. Data BI menunjukkan, sebelum pandemi peredaran uang di Bali sekitar Rp18–20 triliun setiap tahunnya.

"Saat ini ketersediaan uang berada pada kisaran Rp12-14 triliun per tahun. Kami siapkan cadangan hingga Rp5 triliun setiap tahunnya," ujar Kepala Bank Indonesia Bali, Trisno Nugroho.

Perbankan juga mendukung kelancaraan penyelenggaraan KTT G20 dengan menyiapkan sejumlah ATM di tempat strategis. Bank Mandiri misalnya telah menyiapkan dua gerai penukaran uang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

Baca Juga: Komitmen Heru Budi Diacungi Jempol Terkait Percepatan Pengembangan LRT, MRT, dan Stasiun Tanah Abang

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: