Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tumbuh Bersama Klien, CEO DOKU Tekankan untuk Selalu Berikan Layanan dan Produk yang Terbaik

Tumbuh Bersama Klien, CEO DOKU Tekankan untuk Selalu Berikan Layanan dan Produk yang Terbaik Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bersamaan dengan dorongan inovasi teknologi dan percepatan pada digitalisasi, industri dan sektor layanan jasa keuangan digital telah juga menghadapi berbagai macam tantangan baik dari faktor makro dan mikro ekonomi.

Namun, sejak didirikan pada tahun 2007, DOKU dari memulai perjalannya hingga saat ini tetap bertahan dan berhasil menjadi bagian dari pemain teratas yang terus berinovasi dalam teknologi, layanan, dan produknya di industri layanan jasa keuangan digital.

Melihat pada perjalanan kuat DOKU di tengah industri yang penuh potensi dan tantangan serta pertumbuhannya yang begitu pesat ini, Warta Ekonomi telah melakukan sebuah wawancara bersama dengan Chris Yeo selaku CEO dari DOKU untuk berbagi pandangannya terkait dengan industri dan posisi DOKU saat ini.

Baca Juga: DOKU dan Kemenkeu Bersinergi, Wujudkan Transformasi Pengelolaan Kas Negara Lewat Digitalisasi

Apa yang membuat Anda tertarik untuk menempati posisi dan mengemban amanah sebagai CEO DOKU?

Yang pertama, saya melihat DOKU selama perjalannya di industri ini sebagai pemain yang menyediakan infrastruktur pembayaran, industri ini memiliki potensi yang cukup besar untuk terus bertumbuh dan berkembang. Apalagi kita mengetahui bahwa pasar pembayaran digital sangatlah menjanjikan, terutama di Indonesia di mana pasar ini memiliki proyeksi yang bagus di masa depan bersama dengan ekonomi digital Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang sangat besar.

Kemudian yang kedua, saya melihat DOKU sebagai pemain yang kuat di dalam industri. DOKU telah berdiri selama belasan tahun, dan dalam hal ini, DOKU telah memiliki kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni di dalam industri. DOKU telah memiliki pemahaman terkait dengan sistem kerja dari produk yang ditawarkan di dalam pasar yang ada untuk industri ini.

Selanjutnya, yang membuat saya tertarik, di pasar Indonesia ini, masa depan DOKU sangatlah potensial, khususnya dalam pembayaran digital. Indonesia di kawasan Asia Tenggara ini, tidak hanya memiliki potensi pasar yang besar, juga memiliki tingkat pembayaran digital yang terbesar di Asia Tenggara. Dalam hal ini, DOKU pun memiliki posisi yang bagus sekali baik dalam sektor ekonomi digital maupun pembayaran digital. Oleh karena itulah saya mencoba untuk menjadi pemain di garda terdepan yang akan membawa dan memanfaatkan potensi besar yang akan bertumbuh secara masif dalam beberapa tahun ke depan ini.

Sebagai CEO DOKU, apa saja tantangan yang Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Posisi yang saya tempati saat ini memang cukup berbeda dengan posisi dalam karir saya sebelumnya, namun terlepas dari itu ada hal yang konsisten dan sama yang saya lakukan baik dalam posisi sebelumnya maupun sebagai CEO DOKU saat ini. Yaitu saya selalu bekerja pada hal yang terkait dengan teknologi dan juga pada pembayaran. Ini adalah hal sama yang selalu saya lakukan dan yang saya senangi.

Oleh karenanya, tantangan yang saya hadapi sejauh ini pun hampir sama. Ketika kita berbicara terkait dengan teknologi, pasti akan selalu ada tantangannya, baik untuk diri saya maupun bagi industri. Tantangan yang pertama itu selalu terkait dengan kompetisi di mana kita harus berkompetisi untuk menjadi pemain yang berbeda di dalam industri pembayaran ini. Sebenarnya, kompetisi ini merupakan hal yang wajar, apalagi di industri pembayaran digital dengan pasar dan potensinya yang begitu besar. Juga, sebenarnya kompetisi seperti ini sangatlah membantu karena saya melihat kompetisi ini sebagai sebuah kesempatan bagi kami untuk terus melakukan peningkatan dalam memberikan layanan kepada klien kami.

Tapi jika kita melihat pada industri saat ini, terutama pada sektor pembayaran B2C, industrinya tengah mengalami sedikit guncangan, karena adanya tren pendanaan dari Capital Funding yang membuat para pemainnya berlomba-lomba mencapai target proses yang kemudian justru seringkali menimbulkan profit margin tidak menguntungkan. Namun DOKU yang berada di sektor pembayaran B2B, di industri pembayaran B2B ini industrinya secara global tumbuh secara sehat sehingga kami mampu menghasilkan profit margin yang menguntungkan.

Hal-hal seperti ini memang bisa terjadi karena adanya tren pendanaan di pasar dan adanya persaingan yang cukup ketat sehingga menjadikan suatu tekanan tersendiri di dalam industri. Inilah pada akhirnya mengapa tantangan kami mengarah pada kompetisi harga.

Yang kedua, tantangannya ada pada diferensiasi. Bagaimana kita membedakan diri kita dari pemain lainnya yang ada di industri ini, karena saat ini ada banyak pemain sektor pembayaran di pasar. Jadi kita harus jelas dalam menunjukkan diri kita, membedakan diri kita dari yang lain. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan mengingat saat ini banyak bermunculan startup teknologi yang mulai menawarkan layanan pembayaran, terutama mereka yang bergerak di bidang teknologi finansial.

Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, saya rasa penting bagi kami untuk mengarahkan mindset kami, di mana kami harus memiliki pola pikir yang mengarah pada klien kami, mendengarkan apa yang mereka butuhkan dan menyediakan layanan terbaik kepada mereka. Dalam hal ini, kami memiliki tiga cara yang kami manfaatkan.

Yang pertama adalah tentang kepercayaan, karena kepercayaan adalah dasar dari sistem pembayaran dapat bekerja. Apabila kepercayaan konsumen rusak, maka industri ini juga bisa runtuh. Oleh karena itu kami senantiasa membangun kepercayaan klien kami, inilah yang membuat kami mampu bertahan di dalam industri ini selama belasan tahun sampai sekarang. Kepercayaan dan pengalaman sangat penting bagi kami.

Yang kedua, berdasarkan pengalaman kami selama belasan tahun ini, maka kami harus selalu fokus pada produk yang kami tawarkan. Kami memberikan dan menawarkan produk pembayaran yang komplit, menyediakan layanan baik untuk pembayaran digital maupun pembayaran langsung atau offline, dalam hal ini kami menyediakan untuk pembayaran yang dilakukan secara online dan offline. Di mana tidak semua pemain industri dapat menyediakan hal ini. Jadi kami adalah pemain yang menyedian solusi dari kebutuhan klien kami.

Yang ketiga, kami selalu ingin memberikan sesuatu yang berbeda dalam layanan yang kami berikan, karena kami ingin selalu memberikan layanan yang terbaik kepada klien kami. Ini merupakan hal yang penting karena sektor pembayaran ini merupakan sektor yang krusial bagi bisnis, karena jika pembayaran tidak bekerja dengan baik, maka bisnis pun tidak akan berjalan dengan semestinya. Jika ini terjadi, bisnis bisa runtuh dan mengalami banyak kerugian. Untuk itulah kami senantiasa memberikan solusi terbaik yang dibutuhkan dengan kami memahami klien kami dan dapat mengatasi permasalahan yang mereka alami.

Bagaimana Anda melihat kesempatan bagi DOKU untuk tumbuh dan meraih kesuksesan di bawah kepemimpinan Anda?

Saya melihat ada banyak kesempatan dalam hal ini, karena industri pembayaran digital memiliki potensi dan pasar yang begitu luas. Dalam perjalanannya selama ini, DOKU telah banyak diuntungkan dalam industri, terutama dalam dua hal, hal pertama adalah karena adanya akselerasi pembayaran digital yang terjadi akibat pandemi. Akselerasi ini adalah yang cukup umum terjadi, tidak hanya diindustri ini.

Yang kedua adalah meningkatnya inovasi dalam teknologi dan dalam teknologi finansial yang memunculkan tren di mana banyak pemain di dua sektor ini mulai menawarkan layanan pembayaran. Tentunya ini hal yang menguntungkan bagi kami, karena dengan pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman kami, kami memiliki kekuatan dalam melayani klien kami, merchant dan perusahaan.

Dengan dorongan hal ini, kami telah berhasil mencapai TPV (Total Payments Value) mengalami peningkatan lebih dari 70% YoY dalam pertumbuhannya dan kini kami tengah mengharapkan untuk melihat pertumbuhan yang sama di tahun depan. Ini target yang cukup ambisius untuk tahun depan, dan kami akan meraih ini dengan tiga hal utama.

Yang pertama adalah dengan meluncurkan produk pembayaran untuk klien-klien yang sudah kami miliki. Yang kedua adalah memperluas sektor pembayaran di mana kini kami tengah menargetkan untuk sektor pembayaran bagi UMKM, dan yang ketiga kami akan memperluas jangkauan kami, dengan memasuki wilayah atau pasar baru.

Kami akan memperkuat DOKU untuk dapat menawarkan layanan di ranah yang lebh luas dan membantu klien menumbuhkan bisnis mereka. DOKU sebagai pemain di sektor pembayaran B2B ini telah menawarkan produk pembayaran untuk online dan offline kepada klien sehingga mereka dapat melakukan proses pembayaran dengan lebih nyaman dan lebih cepat, efisien, serta lebih hemat biaya. Inilah yang senantiasa kami usahakan dan kami telah melihat banyak kesempatan untuk hal ini oleh karena kami akan memanfaatkannya untuk menjadi kesempatan ini menjadi kesempatan yang bagus untuk klien kami menumbuhkan bisnisnya.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: