Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harapan Shin Tae-yong, PSSI Upayakan Naturalisasi Shayne Pattynama: Bisa Bela Timnas 10 Tahun Lebih!

Harapan Shin Tae-yong, PSSI Upayakan Naturalisasi Shayne Pattynama: Bisa Bela Timnas 10 Tahun Lebih! Kredit Foto: Andi Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan (Iwan Bule) menuturkan bahwa naturalisasi pesepakbola kelahiran Belanda Shayne Elian Jay Pattynama dilakukan atas permintaan pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong.

"Keinginan naturalisasi bukan berada atau permintaan federasi, artinya itu keinginan pelatih Shin Tae-yong. Kita hanya mengakomodir berkaitan dengan beberapa permintaan dari tim naturalisasi yang kami tentunya harus mengakomodir permintaan dari pelatih," kata Iwan dalam RDP bersama Komisi X DPR, Selasa (8/11/22).

Baca Juga: Gak Main-main, Komnas HAM Usul PSSI Bekukan Sementara Seluruh Pertandingan Sepak Bola

Iwan memaparkan, naturalisasi yang berusia 24 tahun tersebut saat ini masih membela tim papan atas Norwegia, Viking FK. Dia juga menuturkan, naturalisasi Shayne diperkirakan bisa membela Indonesia selama kurang lebih 10 hingga 15 tahun.

Selain itu, Iwan juga mengatakan bahwa Shayne merupakan salah satu jebolan akademi sepakbola Ajax Amsterdam dan Utrecht Belanda. Dia juga mengatakan bahwa Shayne pernah mendapat penghargaan U-17 pada saat membela klub sepakbola Utrecht.

"Jadi memang ini sudah betul-betul dihitung. Saya sudah sampaikan pelatih, jangan sampai pemain naturalisasi standarnya berada di pemain kita, karena memang harus lebih tinggi standarnya," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memaparkan bahwa raker terkait naturalisasi Shayne Elian Jay Pattynama merupakan hal yang penting. Sebab, kata Zainudin, proses naturalisasi pemain sepakbola melalui proses yang sangat panjang.

Baca Juga: NasDem Buka-bukaan, Ternyata Deklarasi Koalisi Buat Anies Baswedan Bisa Batal!

Lebih lanjut, Zainudin juga menuturkan bahwa proses naturalisasi Shayne telah melalui proses hukum dengan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait keolahragaan dan kewarganegaraan.

Baca Juga: KORPRI Kabupaten Badung Bersihkan Pantai Jerman, Kumpulkan 26 Ton Sampah Pantai

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: