Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Walau Bukan Pusat Kota, Zulkifli Hasan Gembira: Harga Bapok Terlihat Stabil di Mandailing Natal

Walau Bukan Pusat Kota, Zulkifli Hasan Gembira: Harga Bapok Terlihat Stabil di Mandailing Natal Kredit Foto: Martyasari Rizky
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menerangkan, walaupun secara geografis cukup jauh dari pusat kota, harga barang kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, terpantau stabil. Selain itu, pasokan bapok di pasar tersebut juga memadai.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat meninjau Pasar Panyabungan, pada hari Selasa (8/11/2022). Dalam kunjungannya, Mendag Zulkifli Hasan didampingi Wakil Bupati Mandailing Natal Atika Azmi Utammi dan Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kasan.

Baca Juga: Kunci Utama Hadapi Resesi, Zulkifli Hasan: Sinergi di Level Global!

“Sesuai hasil pantauan, harga komoditas di Pasar Panyabungan terpantau stabil. Misalnya, ayam yang dijual per ekor di sini, kalau dihitung per kilonya sekitar Rp33.000/kg—35.000/kg. Sedangkan, untuk beras medium berada di kisaran Rp11.000/kg," jelas Zulkifli Hasan, mengutip sebagaimana dalam rilisnya, Rabu (9/11/2022).

Berdasarkan hasil pantauan, tercatat harga beras medium Rp11.000/kg, beras premium Rp12.000/liter, gula pasir Rp14.000/kg, minyak goreng kemasan premium Rp21.000/liter, minyak goreng curah Rp12.600/liter, MINYAKITA Rp14.000/liter, tepung terigu Rp14.000/kg, daging sapi Rp175.000/kg, daging ayam ras Rp33.000/kg, telur ayam ras Rp24.000/kg, cabai merah keriting Rp30.000/kg, bawang merah Rp30.000/kg, dan bawang putih Rp23.000/kg.

Terkait harga kedelai yang relatif masih tinggi, Mendag menyatakan bahwa untuk pemenuhan kebutuhan, akan ada impor kedelai lagi dan akan tiba pada akhir Desember 2022 atau paling lambat Januari 2023. Dengan langkah tersebut, diharapkan harga kedelai akan segera turun.

Baca Juga: Jaga Stabilitas Harga, Zulkifli Hasan Pastikan Keamanan Stok Beras di PIBC

Zulhas juga mengungkapkan, menjelang Natal dan tahun baru, stok bapok terpantau cukup dan memadai. “Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan dan koordinasi lintas sektor akan terus memastikan agar seluruh daerah di Indonesia menikmati harga yang berkeadilan dan masyarakat bisa memenuhi kebutuhan dengan harga yang terjangkau,” pungkasnya.

Baca Juga: Soal Normalisasi Kali Ciliwung Mangkrak Era Anies Baswedan, Ternyata Alasannya Karena Ada yang Tidak Setuju

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua