Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

TNI AL Bersama Kemensos Peringati Hari Pahlawan: Tantangan Indonesia Tak Hanya Berada di Daratan!

TNI AL Bersama Kemensos Peringati Hari Pahlawan: Tantangan Indonesia Tak Hanya Berada di Daratan! Kredit Foto: Kemensos
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di atas Geladak Helly KRI Semarang-594 yang berlayar dari Pelabuhan Angkatan Laut Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok menuju Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Kementerian Sosial bersama TNI Angkatan Laut menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 dan tabur bunga di laut. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI  Yudo Margono hadir sebagai inspektur upacara (10/11).

Kegiatan ini merupakan rangkaian rutin peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2022. Kegiatan yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB ini untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Baca Juga: Tak Hanya KRI Semarang-594, Kemensos Juga Menggelar Upacara Hari Pahlawan di TMPNU Kalibata

"Pelaksanaan upacara dan tabur bunga di laut dalam rangka Hari Pahlawan ini juga menunjukkan bahwa negara kita negara maritim, negara bahari yang luas. tantangan kepahlawanan kita tidak hanya di darat, tetapi di laut juga," kata Staf Ahli Menteri Sosial Bidang Teknologi Kesejahteraan Sosial, Asep Sasa Purnama yang hadir dalam kesempatan itu. Hadir pula dari Kemensos, Direktur Pemberdayaan Kelompok Rentan Kemensos, Dewi Suhartini.

Asep Sasa juga mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 yang bertema "Pahlawanku Teladanku" ini bertujuan untuk membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan, memperkuat persatuan dan kesatuan serta meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Asep juga menyampaikan, dalam menyambut peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022, Kemensos juga melaksanakan berbagai kegiatan seperti seminar untuk memberikan pencerahan dan pemahaman kontekstual tentang pahlawan kekinian, memberi bantuan dan layanan sesuai kebutuhan kepada keluarga pahlawan.

Asep berharap, semangat pahlawan ini bisa dirasakan di pulau-pulau terpencil. "Harapannya ke depan, acara ini bisa dilaksanakan di pulau-pulau terpencil, sehingga semangat kepahlawan bisa merasuk dan menjalar ke seluruh penjuru negeri," kata Asep.

Baca Juga: Tunggu Manuver Megawati, NasDem Cs Dinilai Sengaja Kosongkan Duet Anies Baswedan: Demi Menjadi...

Yudo Margono menyampaikan bahwa upacara peringatan Hari Pahlawan yang diikuti oleh 340 personel TNI/Polri dan instansi terkait ini memiliki makna mendalam.

Baca Juga: Gandeng Bank dan Multifinance, Penyaluran Pendanaan Modal Rakyat Sentuh Rp 5,1 Triliun

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: