Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sekjen PBB Berharap Presiden Rusia Putin Hadiri KTT G20 Bali

Sekjen PBB Berharap Presiden Rusia Putin Hadiri KTT G20 Bali Kredit Foto: Reuters/Sputnik/Kremlin/Aleksey Nikolskyi
Warta Ekonomi, Nusa Dua, Bali -

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Manuel de Oliveira Guterres masih mengharapkan kehadiran Presiden Rusia, Vladimir Putin, di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Guterres menilai, pembicaraan-pembicaraan penting seharusnya bisa disampaikan langsung kepada Putin. Namun, dirinya tetap menghormati Rusia memutuskan untuk mengirim Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov menggantikan Putin.

Baca Juga: Utusan Vladimir Putin Dilarikan ke Rumah Sakit Sesampainya di Bali, Kremlin Kasih Bantahan

"Pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Viktorovich Lavrov akan lebih relevan apabila terdapat kehadiran Presiden Putin," kata Guterres di Media Center G20 Bali, pada Senin (14/11/2022).

Sebelumnya, Putin disebut-sebut akan hadir ke Bali, tetapi beberapa hari yang lalu terdapat perkembangan kabar bahwa dia batal terbang ke Bali. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun mengonfirmasi hal tersebut. "Karena Putin ada isu domestik yang harus ditangani," kata Luhut.

Setidaknya, 17 kepala negara akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November. Akan tetapi, 3 pemimpin negara anggota G20 tidak akan menghadiri KTT tahun ini. Mereka yang tak hadir adalah pemimpin Rusia, Brasil, dan Meksiko.

Baca Juga: Pengamat Bocorkan Contoh Konkret Perbuatan Tak Bermoral Terkait Anggaran Kemiskinan Rp500 Triliun yang Habis

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: