Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hari Ini Puncak Kepulangan Delegasi Anggota G20, Masyarakat Diimbau Cek Jadwal Penerbangan

Hari Ini Puncak Kepulangan Delegasi Anggota G20, Masyarakat Diimbau Cek Jadwal Penerbangan Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Nusa Dua, Bali -

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di The Apurva Hotel Kempinski, kawasan pariwisata terpadu Nusa Dua, Bali, akan ditutup pada Rabu (16/11/2022). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi hari ini merupakan puncak kepulangan para kepala pemerintahan melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto Rahardjo menggelar rapat koordinasi di Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV Bandara Ngurah Rai, Selasa (15/11/2022). Rapat koordinasi dilakukan untuk persiapan pengaturan kepulangan pesawat para pemimpin negara dan delegasi peserta KTT G20.

Baca Juga: KTT G20 Bali Momentum Unjuk Gigi Perkembangan UMKM, Teten: Produk Wellness Jadi Produk Unggulan

"Besok (Rabu) adalah puncak pergerakan kepulangan pesawat para pemimpin negara. Menangani kepulangan lebih kompleks karena jamnya berdekatan dibandingkan saat kedatangan. Untuk itu perlu dipersiapkan pengaturan penerbangan yang cermat," ujar Sesjen Novie, di Bali, Selasa (15/11/2022).

Sesjen Novie mengatakan mulai Selasa sudah ada beberapa pesawat VVIP yang akan berangkat pulang, namun jumlahnya tidak banyak dibandingkan Rabu. Adapun rentang waktu kepulangan para pemimpin negara dan delegasi G20, baik yang menggunakan pesawat VVIP maupun reguler yaitu mulai 15 hingga 22 November 2022.

Dengan adanya pergerakan kepulangan pesawat VVIP di Bandara Ngurah Rai yang cukup padat, akan ada kemungkinan penyesuaian jadwal penerbangan pesawat reguler baik domestik maupun internasional, seperti misalnya keterlambatan atau delay.

"Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat yang akan terbang menggunakan penerbangan reguler dari dan menuju Bali, untuk segera melakukan pengecekan kembali jadwal penerbangannya kepada maskapai. Agar dapat melakukan antisipasi dan bisa terbang dengan lebih nyaman," ucap Adita.

Kemenhub mengimbau kepada operator bandara dan maskapai untuk proaktif memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada pelanggannya. Seperti misalnya, informasi perubahan jadwal penerbangan, penundaan, pembatalan, kompensasi, proses refund, dan sebagainya.

Baca Juga: Jelang KTT G20 Bali, Menhub Budi Cek Bus Listrik Merah Putih Guna Mobilitas Delegasi

Kemenhub bersama pemangku kepentingan terkait, akan berupaya meminimalkan dampak yang ditimbulkan dari adanya pergerakan kepulangan pesawat VVIP para delegasi G20 di Bandara Ngurah Rai.

"Kami berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kelancaran lalu lintas bagi para delegasi yang hadir dan juga bagi masyarakat umum yang melakukan penerbangan dari dan ke Bali," tutur Adita.

Baca Juga: Minta Warga DKI Bersyukur Atas Kepemimpinan Heru Budi, Rudi S Kamri Bocorkan Pembangkangan Anies di Proyek Sodetan Ciliwung

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: