Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendagri: Reformasi Birokrasi Merupakan Sebuah Kebutuhan

Kemendagri: Reformasi Birokrasi Merupakan Sebuah Kebutuhan Kredit Foto: Kemendagri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Suhajar Diantoro, menegaskan reformasi birokrasi merupakan sebuah kebutuhan. Menurutnya, seiring dengan perkembangan zaman, dinamika kebutuhan masyarakat menjadi turut berubah. Karenanya, penataan birokrasi bukan hanya sebuah keharusan, melainkan kebutuhan.

"Seolah-olah jabatan struktural itu pasangan kita, padahal hari ini sudah tidak demikian. Jadi ini harus kita pahami sebagai sebuah kebutuhan," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Hakim Agung MA Ditangkap KPK, Wapres: Segera Lakukan Reformasi Birokrasi!

Suhajar meminta aparatur pemerintahan tak terlena dengan jabatan-jabatan struktural. Di samping itu, ia juga meminta aparatur pemerintah terutama yang menduduki kursi fungsional untuk cepat menyesuaikan diri.

"Kalau masa transisi ini kita tidak mampu menyesuaikan diri, kita akan menjadi negara yang terlambat dalam sejarah reformasi birokrasi nanti," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Suhajar juga menyampaikan pesan serupa dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Ia mengatakan, sebagai tulang punggung pemerintah, reformasi birokrasi penting dilakukan untuk menunjang pembangunan.

Baca Juga: Gelar BIMTEK, Kemendagri Harap Pemda dan BUMD Fokus Penyediaan Air Minum Layak

"Tolong ini, kita harus sadar betul tentang ini, Pak Menteri (Mendagri) berpesan tolong ini dijadikan kebutuhan, bukan kewajiban," tandasnya.

Ia juga menjelaskan, pihaknya kini tengah menyusun konsep manajemen talenta agar aparatur pemerintah mampu menjadi pemimpin sesuai talentanya masing-masing. Dengan begitu diharapkan aparatur pemerintah lebih produktif untuk menghasilkan pelayanan publik yang lebih cepat.

Baca Juga: Gus Miftah Tanya Nama-nama Nabi ke Seorang Anak, Jawabannya Bikin Geleng-geleng: Nabi Luhut...

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua