Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

'Pintar Omong tapi Prestasinya Nol Besar', Pengamat Politik Bongkar Cara Anies Akan Menangkan Pilpres 2024

'Pintar Omong tapi Prestasinya Nol Besar', Pengamat Politik Bongkar Cara Anies Akan Menangkan Pilpres 2024 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat politik yang juga akademisi Universitas Indonesia (UI), Ade Armando, menilai Capres Partai NasDem, Anies Baswedan, tidak memiliki "senjata" untuk menghadapi pertarungan Pilpres 2024 selain sentimen agama. Atas dasar itu, kubu Anies akan menggunakan polititasi agama untuk memenangkan Pemilu.

Hal itu disampaikan Ade dalam tayangan YouTube Cokro TV berjudul "Ade Armando: HAMPIR PASTI ADA POLITISASI ISLAM DALAM PILPRES 2024" yang tayang Selasa (15/11/2022). Menurutnya, polititasi agama ini akan makin kentara jika kelak Anies berhadapan dengan Ganjar atau Prabowo.

Baca Juga: Komentari Pertemuan dengan Gibran, Ketua DPP PDIP: Anies Digerakkan oleh Tim Pemoles Kecantikan Supaya Terlihat Genuine dan Sederhana

"Kalau itu yang terjadi, kubu Anies hampir pasti akan menyatakan kubunya adalah pejuang Islam dan melawan kekuatan-kekuatan anti-Islam," katanya.

Ade mengatakan, politisasi agama ini telah dilakukan kaum Islam konservatif yang sekarang berada di belakang Anies pada Pilpres 2014 dan Pilpres 2019. Di mana, mereka mati-matian mem-branding Jokowi suruhan partai, sekadar menjalankan misi koalisi Kristen dan China dan sebagainya.

"Kubu Islam konservatif itu bisa membuat seolah-olah Prabowo sebagai panglima yang bisa mengusir kubu anti-Islam di Indonesia," katanya.

Kemudian, lanjut Ade, kubu Islam konservatif kembali melakukan politisasi agama itu di Pilgub DKI Jakarta dan akhirnya sukses mengantarkan Anies menjadi Gubernur di Pilkada 2016-2017 lalu. "Kalau Islam tidak digunakan waktu itu, hampir tidak mungkin Anies mengalahkan Ahok. Hampir pasti, kubu ini (Anies) akan mengulangnya lagi di Pilpres 2024," katanya.

Ade menyebut Anies Baswedan tidak punya senjata lain selain sentimen agama. Lantas, Anies akan sulit menang jika berhadapan dengan pemilih rasional.

Baca Juga: Heru Tuduh Warga Pendatang DKI Bebani APBD, Pengamat Tegas: Rakyat Jadi Beban Itu Wajar, yang Tidak Wajar Pemerintah Jadi Beban Rakyat!

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Suara.com.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: