Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pesona Kain Endek Bali yang Dikenakan Pemimpin Negara G20, Sempat Dihujat Youtuber Luar Negeri

Pesona Kain Endek Bali yang Dikenakan Pemimpin Negara G20, Sempat Dihujat Youtuber Luar Negeri Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sejumlah pemimpin negara yang hadir dalam jamuan makan malam alias welcoming dinner KTT G20 tampak mengenakan busana batik pada Selasa (15/11/2022). Saat Gala Diner tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tampak kompak mengenakan busana Payas Agung asal Kabupaten Bulelelng yang memberikan kesan mewah, derajat tinggi, serta sarat filosofi.

Presiden Jokowi mengenakan atasan hitam berbahan Velvet atau Beludru dipadu ikat kepala khas Bali atau Udeng berkombinasi emas dan kain Songket Sutera warna ungu. Udeng yang dikenakan Presiden Jokowi senada dengan kain yang dikenakan di bagian bawah. Pada bagian dada tersemat hiasan emas dan dilengkapi keris serta alas kaki berwarna hitam.

Baca Juga: Serba-serbi KTT G20, Influencer Inggris Kena Mental Dihujat Netizen Indonesia Gegara Hina Batik: Tidak Ada Niat Menyinggung...

Sementara itu, Iriana mengenakan atasan senada dengan Presiden Jokowi, berbahan Velvet atau Beludru dengan aksen bunga emas. Kemudian di bagian pinggang tersemat Pending, Angkin atau Stagen berwarna keemasan. Ibu Negara ini juga mengenakan kain Songket Sutera warna keunguan dipadu kerudung dan masker putih.

Sementara para tamu Kepala Negara, para delegasi, dan tamu undangan yang hadir di malam itu mengenakan kain lokal atau wastra Indonesia seperti Batik dan Tenun. Pesona Kain Endek Bali yang dikenakan para Kepala Negara dan Delegasi G20 menyita perhatian. Kain Endek Bali ini dikenakan para Kepala Negara dan Delegasi dalam berbagai warna seperti merah, kuning, hijau, biru, ungu, dan sebagainya.

Baca Juga: Gara-gara KTT G20, Kuliner Nusantara Dilirik Dunia, Kepala Chef Ditawari Ini

Tampak Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau yang mengenakan tenun berwana ungu terang. Kemudian Madam Kim Koen Hae, Ibu Kepala Negara Korea Selatan, yang mengenakan gaun pesta simpel berwarna putih dari bahan Sutera.

Lalu Presiden Tiongkok, Xi Jiping, yang mengenakan kain Endek Bali warna biru dan istrinya mengenakan gaun panjang longgar berkerah Cheongsam berbahan Sutera Putih dipadu selendang berbahan kain Endek Bali Sutera warna biru senada dengan kemeja yang dikenakan suaminya.

Baca Juga: Qoala Plus Catatkan Pertumbuhan Bisnis hingga 10 Kali Lipat Sejak 2020

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: