Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Market Leader?

Apa Itu Market Leader? Kredit Foto: Unslash/Nathana Rebouças
Warta Ekonomi, Jakarta -

Market leader adalah perusahaan dengan pangsa pasar terbesar dalam industri yang sering menggunakan dominasinya untuk mempengaruhi lanskap persaingan dan arah yang diambil pasar. Seorang market leader atau pemimpin pasar biasanya menikmati pangsa pasar terbesar atau persentase terbesar dari total penjualan di pasar tertentu.

Market leader mungkin melampaui pesaingnya menurut metrik lain, termasuk loyalitas merek, nilai yang dirasakan, cakupan distribusi, citra, harga, pengeluaran promosi, dan keuntungan.

Market leader biasanya menjadi yang pertama mengembangkan produk atau layanan, yang menentukan karakteristik produk yang ideal, dan dianggap oleh pasar sebagai merek yang diasosiasikan konsumen dengan penawaran itu sendiri.

Baca Juga: Apa Itu Unique Value Proposition?

Sebuah perusahaan dapat menjadi pemimpin pasar dengan menjadi yang pertama menawarkan produk atau layanan. Produk atau layanan harus cukup baru untuk menarik basis konsumen, dan kemudian perusahaan harus tetap berada di atas preferensi konsumen untuk mempertahankan kepemimpinan.

Jika sebuah perusahaan memasuki pasar sebagai pesaing penggerak pertama, ia dapat secara agresif memasarkan versi produknya sendiri dengan fitur yang berbeda sehingga dapat dengan mudah menjadi market leader.

Market leader juga dapat memanfaatkan skala ekonomi untuk mengendalikan harga pasar. Konsumen mempercayai market leader dan akan memilih untuk meminimalkan risiko dengan membeli dari pemimpin pasar.

Market leader memiliki kesadaran terperinci tentang pengambil keputusan pembelian di basis pelanggan mereka dan memanfaatkan iklan agresif untuk memanfaatkan pengetahuan sambil memperkuat brand mereka. Market leader menarik mitra berkualitas tinggi dan inovatif dalam mengadopsi teknologi dan proses yang akan membantu mereka terus mengungguli pesaing mereka.

Namun demikian, mempertahankan pangsa pasar yang dominan mengharuskan perusahaan untuk tidak hanya mempertahankan pelanggan yang sudah ada tetapi juga menarik pelanggan baru yang mungkin tidak terbiasa dengan produk atau layanan mereka.

Perusahaan juga dapat menarik pelanggan pesaing dengan mencari tahu kombinasi ideal kualitas dan harga. Di era internet modern ini, mudah untuk mengidentifikasi pemimpin pasar yang berorientasi pada konsumen, seperti Apple, Google, dan Amazon.

Market leader harus berhati-hati dalam bagaimana mereka menggunakan dan memperoleh pangsa pasar mereka. Jika sebuah perusahaan menjadi terlalu dominan di pasar, atau tampak menyalahgunakan posisinya, perusahaan tersebut dapat dikenai tuntutan hukum anti-trust. Microsoft pernah menjadi incaran regulator.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: