Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

1.500 Siswa Jawa Barat Ikuti Peresmian Tugu Sekolah Model Pelajar Pancasila Jabar Masagi

1.500 Siswa Jawa Barat Ikuti Peresmian Tugu Sekolah Model Pelajar Pancasila Jabar Masagi Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Rangkaian peringatan Hari Guru di Jawa Barat dimulai dengan peresmian Tugu Sekolah Model Pelajar Pancasila Jabar Masagi di SMA Negeri 25 Bandung, Kamis (24/11/2022). Kegiatan Bertajuk "Niti Bukti Sakola Masagi dari Jawa Barat untuk Indonesia" ini dihadiri sekitar 1.500 peserta didik SMA/SMK/SLB dari 16 sekolah di Jabar.

Peresmian tugu sebagai simbol pendidikan berkarakter di Jawa Barat tersebut langsung dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Baca Juga: Jabar Tuan Rumah Kongres Pemda se-Asia Timur

Ridwan Kamil mengatakan Jabar mendapatkan apresiasi dari Kemendikbudristek terkait tiga program merdeka belajar, yaitu literasi, numerasi, dan karakter. Khusus karakter, penerapannya, kata Ridwan Kamil, sangat siap di Jabar.

"Ini usaha sudah berlangsung hampir 5 tahun yakni menyiapkan sebuah kurikulum pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dari irisan 3 budaya," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, kepada wartawan, Kamis (24/11/2022).

Dia berharap para pelajar di Jabar bisa memiliki karakter kuat yang berbasis budaya. Maka dari itu, tidak boleh ada lagi yang namanya perundungan atau kekerasan seksual di Jabar.

"Tadi Pak Dirjen (Kemendikbudristek) menyampaikan, karena kami sudah panjang eksperimentasinya, kalau berkenan bisa direplikasi sesuai kearifan lokal nusantara, sehingga ini menjadi sebuah percontohan," ungkapnya.

Simbolisasi dari pendidikan karakter di Jabar, lanjut dia, berupa Tugu Model Pelajar Pancasila Jabar Masagi, sedangkan implementasinya ada di dalam proses-proses pengajaran di sekolah.

Baca Juga: Jabar Asah Kemampuan Calon ASN dan P3K Sebelum Seleksi Lewat Aplikasi CASN Juara

"Orang tua insyaAllah tenang menitipkan bersekolah di Jawa Barat karena pendidikan karakternya kita latih juga secara serius," ujarnya.

Adapun, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Dedi Supandi, mengatakan tugu tersebut merupakan simbolis dari Jabar yang memiliki pelajar pancasilais atau berkarakter. Mengingat Disdik Jabar sudah meluncurkan beberapa program kaitan kurikulum Jabar Masagi, di antaranya pendidikan antikorupsi, antiradikalisme, dan kurikulum mitra industri.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: