Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

KKP Dorong Budi Daya Lele Sistem Bioflok di Kalangan Mahasiswa Surabaya

KKP Dorong Budi Daya Lele Sistem Bioflok di Kalangan Mahasiswa Surabaya Kredit Foto: KKP
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong pengembangan keahlian para mahasiswa yang tinggal di Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya. KKP membimbing sejumlah mahasiswa secara teori dan praktik melakukan budi daya lele sistem bioflok.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menuturkan bahwa pihaknya akan menggelar bimtek dengan keterlibatan mitra usaha lainnya dengan memanfaatkan kolam budi daya bioflok yang ada di asrama tersebut.

Baca Juga: Teknologi Baru Milik KKP Sukses Tangkap Kapal Asing Vietnam dengan Cepat, Begini Cara Kerjanya!

"Bimtek yang digelar melibatkan mitra usaha juga sehingga banyak pembelajaran yang bisa didapat mahasiswa terkait budi daya sistem bioflok ini," kata Trenggono dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/11/2022).

Dalam kegiatannya, mahasiswa dilatih mulai dari persiapan kegiatan budi daya, pembesaran, hingga cara pembuatan kolam bioflok. Selain tim internal, bimbingan teknis juga melibatkan pelaku budi daya mitra KKP yang sudah berhasil mengembangkan budi daya lele sistem bioflok. 

Terdapat enam kolam bioflok lele sangkuriang di Asrama Mahasiswa Nusantara yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo hari ini. Produktivitas kolam-kolam lele tersebut mencapai 600 kilogram per sekali panen (tiga bulan).  

Melalui kegiatan tersebut, Trenggono berharap pelatihan dan pendampingan dari KKP mampu membangkitkan keinginan mahasiswa untuk berwirausaha, khususnya menggeluti budi daya lele sistem bioflok.

"Mudah-mudahan ikhtiar ini mampu membangkitkan jiwa kewirausahaan para mahasiswa sehingga nantinya menjadi anak muda mandiri yang bermanfaat bagi keluarga, daerah tempatnya berasal, serta berkontribusi pada percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan Indonesia yang maju dan berkelanjutan," pungkasnya.

Baca Juga: Buzzer Dinilai Punya Misi Adu Domba Partai Setelah NasDem-PKS-Demokrat Sah Dukung Anies

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: