Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Platform Konten Kreator TipTip Dapat Dana Segar Senilai Rp205 Miliar dari East Ventures

Platform Konten Kreator TipTip Dapat Dana Segar Senilai Rp205 Miliar dari East Ventures Kredit Foto: TipTip
Warta Ekonomi, Jakarta -

TipTip sebagai platform teknologi terpadu untuk konten kreator di Asia tenggara baru saja mendapatkan kucuran dana dalam putaran pendanaan seri A senilai US$13 juta atau setara dengan Rp205 miliar oleh East Ventures dengan partisipasi dari beberapa investor seperti Vertex, SMDV, B.I.G. Ventures, dan beberapa investor lainnya. Putaran pendanaan ini merupakan kelanjutan dari pendanaan seed round senilai US$10 juta yang diterima pada awal tahun ini.

"Kami merasa sangat terhormat sekaligus bangga dengan kepercayaan serta dukungan berkelanjutan yang diberikan oleh para investor terkemuka di Asia Tenggara dalam pendanaan Seri A ini yang oversubscribe," tutur Albert Lucius selaku CEO & Founder of TipTip seperti dikutip dalam media rilis pada Selasa (29/11/2022).

Dengan menghargai kemitraan yang terjalin, Albert menyampaikan bahwa dana segar yang didapatkan oleh TipTip dalam pendanaan ini akan digunakan untuk mempercepat perkembangan platform serta diversifikasi produk dan tentunya memposisikan TipTip sebagai platform terkemuka bagi konten kreator di Asia Tenggara.

Baca Juga: INDICO: Industri Telko Mampu Berikan Dukungan yang Dibutuhkan Untuk Keberlangsungan Startup

Sejak didirikan pada Oktober 2021 dan diperkenalkan kepada publik pada Juli 2022, TipTip telah mendapatkan respon pasar yang cuku[ baik, dengan peningkatan revenue lebih dari 20 kali lipat di dua bulan terakhir sejak Oktober 2022. Kini, TipTip telah menjadi rumah bagi lebih dari 2.500 konten kreator dan digunakan oleh lebih dari 30.000 pengguna.

Memberikan kepercayaan penuh pada kepemimpinan Albert untuk membawa TipTip menuju kesuksesan, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca menyampaikan, "kami berharap TipTip terus melanjutkan pertumbuhan yang signifikan dengan tetap menerapkan strategi hyperlocal yang terbukti diadaptasi dengan baik serta membawa perubahan perilaku bagi konsumen maupun konten kreator di era pasca-COVID. Kami melihat adanya potensi perkembangan yang lebih besar lagi dan kami sangat optimis untuk terus mendukung TipTip."

Strategi hyperlocal yang diterapkan oleh TipTip terbukti telah meraih sukses dengan menggandeng kegiatan komunitas baik online maupun offline (hybrid) di lebih dari 40 kota di seluruh Indonesia. Sesuai dengan rencana, TipTip yakin akan dapat menggandeng 30.000 lebih konten kreator dan menambah pengguna sebanyak 300.000 di awal tahun depan.

Dengan menjadi platform teknologi yang membantu para konten kreator Indonesia memonetisasi hasil karya mereka, rata-rata penghasilan yang didapatkan konten kreator serta pengikutnya setelah 30 hari tergabung aktif di TipTip berkisar senilai Rp3 juta. Di sini, konten kreator bisa mendapatkan penghasilan dengan menjual langsung konten mereka atau melalui jaringan konten promoter di TipTip, selain itu pendapatan dapat dihasilkan dari melakukan live session dengan mengundang pengikut atau fans mereka.

"Kami percaya dengan pendekatan ekosistem kreator-supporter-promotor yang dilakukan oleh TipTip. Pendekatan ini sangat cocok untuk memasuki pasar Indonesia yang sangat luas dan tersebar di berbagai komunitas mikro. TipTip memiliki keunikan tersendiri dalam memberikan solusi utama dalam masalah yang dihadapi para konten kreator, yaitu monetisasi dalam ekosistem mereka. Dengan dukungan TipTip, para konten kreator dapat memonetisasi langsung konten mereka tanpa harus bergantung pada algoritma atau iklan," ujar Joo Hock Chua selaku Managing Partner of Vertex.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat, BRI Pasarkan SBN Ritel Pertama 2023 di CFD

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: