Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lebih Holistik, Wapres Ma'ruf Amin Ajak Pengurus Gereja Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama di Papua

Lebih Holistik, Wapres Ma'ruf Amin Ajak Pengurus Gereja Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama di Papua Kredit Foto: Setwapres
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kerukunan umat beragama menjadi salah satu fokus pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan di wilayah Papua. Hal tersebut perlu didukung dengan berbagai upaya, baik dengan membangun kemanusiaan, maupun menciptakan kedamaian dan keadilan bagi masyarakat Papua.

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan, Untuk itu diperlukan peran tokoh agama yang tergabung dalam Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGPP) Provinsi Papua dan Papua Barat untuk mengembangkan pendekatan secara holistik dalam meningkatkan kerukunan umat beragama di Papua.

Baca Juga: Temui Wapres Ma'ruf Amin, UMKM Batik Papua Curhat Terkait Pembiayaan Mesin Pintal
 
“Saya mengajak PGGP, sebagai wadah denominasi gereja-gereja di Tanah Papua, untuk terus mengembangkan pendekatan yang lebih holistik, sesuai dengan panggilan gereja dalam pembangunan kemanusiaan, keadilan, kedamaian, dan keutuhan ciptaan di Tanah Papua,” ujar Wapres dalam keterangan tertulisnya dalam kunjungan kerja di Jayapura, Rabu (30/11/2022).
 
Wapres mengakui bahwa pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam meningkatkan kerukunan umat beragama, sehingga peran gereja dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sangat penting dalam menjaga stabilitas dan menjaga kerukunan bangsa.
 
“Pemerintah tidak mungkin bekerja sendiri, tidak mungkin. Pemerintah membutuhkan dukungan, kerja sama dan kolaborasi pelayanan dengan gereja,” ujarnya.
 
Lebih jauh, Wapres mengungkapkan pada 29 November 2022 menjadi hari bersejarah umat kristiani di Papua, dengan didirikannya PCC. PCC diharapkan dapat mengambil peran menjembatani para pemangku kepentingan, sekaligus menjadi mitra pemerintah dalam penyusunan rencana dan eksekusi program di Tanah Papua.

Baca Juga: Berlebihan Tanggapi Guyonan Jokowi, Loyalis Anies Baswedan Dikuliti Habis: Mereka Terlalu Lebay!
 
“Saya kira peran ini sangat strategis ya, disamping menjembatani pemerintah, mitra pemerintah, juga menjembatani yang masih harus disatukan, visinya, langkahnya, pikirannya ini untuk Papua yang sejahtera, Papua yang damai, Papua yang sehat, dan Papua yang pintar,” jelasnya.

Baca Juga: Heru Budi Serius Lakukan Politik Bumi Hangus di DKI Usai Anies Baswedan Lengser, Musni Umar: Ada yang Beritahu Saya

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: