Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wapres Ajak Satukan Hati dan Tujuan untuk Percepat Pembangunan Papua

Wapres Ajak Satukan Hati dan Tujuan untuk Percepat Pembangunan Papua Kredit Foto: Humas Wapres
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melakukan pertemuan dengan Pj. Gubernur Papua Selatan, Bupati se-Papua Selatan, dan Tokoh Masyarakat Papua Selatan di Ballroom Swiss-Belhotel Merauke, Rabu (30/11/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Wapres mengajak para peserta yang hadir untuk menyatukan hati dan tujuan dalam mempercepat pembangunan Indonesia dari Papua Selatan.

Baca Juga: Lebih Holistik, Wapres Ma'ruf Amin Ajak Pengurus Gereja Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama di Papua

"Mari kita bangun Papua Selatan dengan tujuan yang sama, dengan hati yang sama, satukan hati satukan tujuan, Izakod Bekai Izakod Kai, itu semboyan yang terus kita hidupkan bukan hanya tertulis, tapi kita hidupkan di masyarakat," ungkap Wapres dalam keterangan tertulisnya.

Pada kesempatan yang sama, lebih jauh Wapres menyampaikan beberapa hal yang penting untuk dilakukan dalam mempercepat pembangunan di Papua. Pertama, Wapres menginstruksikan kepada Menteri Dalam Negeri untuk segera membahas berbagai isu dan agenda yang menjadi perhatian di Provinsi Papua Selatan.

"Seperti tadi disampaikan oleh bapak-bapak termasuk juga dari penjabat gubernur, ini supaya diperhatikan dan dijadikan perhatian untuk melakukan langkah-langkah. Segera petakan dan langkah konkret yang terkait transisi kelembangaan provinsi baru yang sejalan dengan tahapan proses Pemilu 2024, tadi sudah disampaikan oleh Wakil Menteri," katanya.

Kedua, Wapres berpesan untuk menjadikan kehadiran provinsi baru di Papua sebagai sebuah strategi dorongan kuat, yang bisa menggerakkan pembangunan kesejahteraan masyarakat asli Papua. Salah satunya ialah melalui inovasi-inovasi baru.

"Harus ada cara baru yang bersifat terobosan. Jangan berjalan biasa-biasa saja dalam mengelola pembangunan Papua. Rumuskan komoditas unggulan yang spesifik dari setiap kabupaten di Papua Selatan. Desain konektivitas wilayah yang terpadu. Utamakan peran serta masyarakat asli Papua," lanjutnya.

Baca Juga: Bidik 2 Juta Nasabah, BCA Digital Segera Luncurkan Fitur Pinjaman untuk Segmen Ritel

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: