Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lawan Dolar AS, Nilai Tukar Rupiah Memang Perkasa, tetapi Harus Waspada!

Lawan Dolar AS, Nilai Tukar Rupiah Memang Perkasa, tetapi Harus Waspada! Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Nilai tukar rupiah perkasa terhadap dolar AS. Dengan apresiasi tipis, rupiah bergerak di kisaran level Rp15.700 per dolar AS pada perdagangan Kamis, 1 Desember 2022.

Rupiah hari ini menguat 0,10% ke level Rp15.711 per dolar AS. Namun, rupiah melemah atas mayoritas mata uang global. Rupiah tertekan oleh dolar Australia (-0,14%), euro (-0,13%), dan poundsterling (-0,18%). Bahkan, rupiah kini menjadi mata uang terlemah se-Asia.

Baca Juga: Harga Emas Antam Melonjak Drastis Rp10.000 per Gram, Kinclongnya Tiada Tara!

Nilai tukar rupiah mendapat sentimen positif dari pidato Gubernur The Fed, Jerome Powell, mengenai kebijakan moneter AS. Powell menyampaikan, The Fed akan mulai menerapkan kenaikan suku bunga acuan yang lebih kecil pada Desember 2022.

Hal tersebut dinilai pasar sebagai sinyal bahwa kenaikan suku bunga bank sentral tidak akan seagresif sebelumnya pada tahun depan. Meski begitu, rupiah masih dibayangi oleh sentimen kebutuhan dolar AS jelang akhir tahun. 

"Di sisi lain, pasar masih mewaspadai kebutuhan dolar dalam negeri yang biasanya tinggi di akhir tahun untuk keperluan korporasi yang bisa memberikan tekanan ke rupiah," ungkap pengamat pasar uang, Ariston Tjendra, dilansir dari Antara, Kamis, 1 Desember 2022.

Baca Juga: Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi Sambangi Desa Budaya Kertalangu

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Advertisement

Bagikan Artikel: