Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rupiah Perkasa Tiada Tara, Dolar AS Keok di Level Rp15.400!

Rupiah Perkasa Tiada Tara, Dolar AS Keok di Level Rp15.400! Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Nilai tukar rupiah perkasa tiada tara. Menjadi mata uang nomor satu Asia, rupiah menumbangkan dolar AS hingga ke kisaran level Rp15.400 pada Jumat, 2 Desember 2022.

Rupiah hari ini mencetak apresiasi tinggi 0,17% ke level Rp15.445 per dolar AS. Rupiah juga unggul atas tiga mata uang global, yakni dolar Australia (0,64%), poundsterling (0,71%), dan euro (0,71%).

Baca Juga: Tiga Hari Berturut-Turut Harga Emas Melonjak Parah, Logam Mulia Antam Tembus Jutaan Rupiah!

Di Asia, rupiah menjadi mata uang paling kuat. Rupiah menguat atas yuan (0,95%), dolar Taiwan (0,85%), dolar Hong Kong (0,75%), dolar Singapura (0,67%), yen (0,59%), baht (0,52%), dan won (0,34%).

Nilai tukar rupiah menguat ditopang oleh sentimen pidato Gubernur The Fed, Jerome Powell. Dalam pidatonya, Powell menyatakan bahwa sudah waktunya untuk memperlambat laju kenaikan suku bunga agresif pada beberapa bulan ke depan. Terlebih lagi saat ini inflasi AS turun secara perlahan.

"Para pembuat kebijakan berharap untuk tidak memperketat secara berlebihan karena kami berpikir bahwa penurunan suku bunga bukanlah sesuatu yang ingin kami lakukan segera. Itu sebabnya kami melambat dan akan mencoba menemukan jalan kami ke tingkat yang tepat, yang menurunkan inflasi dari waktu ke waktu," tegas Powell, dilansir pada Jumat, 2 Desember 2022.

Baca Juga: BTN Pastikan Dana Rights Issue Digunakan Untuk Penuhi Kebutuhan Rumah Masyarakat

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Advertisement

Bagikan Artikel: