Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dongkrak Sektor Ekonomi, Indonesia Pacific Forum Development Bisa Jadi Ajang UMKM Naik Kelas

Dongkrak Sektor Ekonomi, Indonesia Pacific Forum Development Bisa Jadi Ajang UMKM Naik Kelas Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) akan menyelenggarakan Indonesia Pacific Forum Development (IPFD). Salah satu agendanya adalah mempertemukan pelaku usaha Indonesia dan Pasifik.

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Abdul Kadir Jailani menyampaikan, IPFD secara khusus akan mengusung tema 'Grow and Prospel Together'. Acara ini akan berlangsung pada 7-8 Desember mendatang.

Baca Juga: Wuih! Demi Pemberdayaan Perempuan Afghanistan, Kemlu Rupanya Diam-diam Galang Dukungan Internasional

Agendanya, perhelatan ini akan dibuka dengan forum tingkat menteri, yang fokus membahas terkait langkah-langkah peningkatan kerja sama pembangunan bagi Indonesia dan Pasifik.

Selain forum tingkat menteri, IPFD juga akan mengadakan business engagement. Hal ini dilakukan sebagai wadah untuk mempertemukan pelaku usaha, Indonesia dengan Pasifik.

"Karena kami (Kemlu) berpandangan kalau forumnya hanya antar pemerintah, itu kurang efektif. Jadi, kami melihat mungkin akan lebih baik kalau mengikutsertakan sektor swasta," ujar Abdul.

Abdul mengungkapkan, melalui business engagement tersebut, diharapkan akan menghasilkan business deal yang akan memperkuat hubungan ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan negara-negara di kawasan Pasifik.

Baca Juga: Pengamat Ungkap Ini Nasib Anies Baswedan Jika Benar-benar Didukung oleh Habib Rizieq Shihab

Terutama, dalam rangka menghadapi tantangan-tantangan bersama saat ini. Misalnya, terkait dengan pemulihan pasca pandemi Covid-19, climate change, dan lain-lain.

Baca Juga: Menyelam Sambil Minum Air, Heru Budi Lakukan Penataan Jalur Hijau di Pluit dengan Sederet Tujuan Ini

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: