Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dorong Startup yang Berlandaskan Isu Keberlanjutan, Ecoxyztem Bersama Medco Foundation Gelar ISF

Dorong Startup yang Berlandaskan Isu Keberlanjutan, Ecoxyztem Bersama Medco Foundation Gelar ISF Kredit Foto: Djati Waluyo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ecoxyztem bersama dengan Medco Foundation menghelat Indonesia Sustainability Fest (ISF) sebagai upaya mendorong isu berkelanjutan atau sustainability dalam perusahaan startup di Indonesia. 

Ketua Medco Foundation Roni Pramaditia menyebut alasanya bergabung dengan acara ini dikarenakan banyak peserta Startup Showcase yang merupakan startup yang inovatif di bidang energi terbarukan, lingkungan, termasuk pengelolaan limbah.

"Ide-ide ini selaras dengan Indonesia Sustainability Fest (ISF) dalam kampanye mitigasi perubahan iklim,” ujar Roni dalam acara pembukaan ISF, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: INDICO: Industri Telko Mampu Berikan Dukungan yang Dibutuhkan Untuk Keberlangsungan Startup

Roni berharap ISF mampu menjadi panggung aspirasi bagi siapa pun yang ikut berkontribusi mengatasi tantangan perubahan iklim melalui pengembangan inovasi bisnis di Indonesia.

Sementara itu, CEO Ecoxyztem Jonathan Davy mengatakan, sejalan dengan apa yang sedang diusahakan oleh Pemerintah, pada tahun 2022, perusahaan sudah menjalankan berbagai program dan usaha untuk memperkuat jaringan wirahusaha lingkungan (ecopreneurs) di Indonesia. 

Mulai dari program eskalasi startupClimate Innovation League, program akselerasi solusi akar rumput—Urban Innovation Challenge, dan juga rangkaian talkshow dan diskusi panel dalam beragam spefisik isu lingkungan.

"Di penghujung tahun 2022, kami mengundang seluruh stakeholders yang memiliki visi yang sama untuk menumbuhkan lebih banyak ecopreneurs di Indonesia melalui Indonesia Sustainability Fest (ISF) untuk memperkenalkan solusi bisnis lingkungan kepada masyarakat sekaligus menggaungkan kembali kampanye #PercayaEcopreneur,” ujar Jonathan.

Adapun isu yang dibawa dalam agenda ini mulai dari isu efisiensi energi dan penggunaan plastik sekali pakai hingga solusi permasalahan lingkungan melalui pendekatan desain produk dan kompetisi standup comedy sebagai media komunikasi yang dinikmati oleh masyarakat luas. 

Sesuai dengan tema yang diusung #PercayaEcopreneur, Indonesia Sustainability Fest (ISF) menghadirkan tujuh sesi yang terdiri dari talkshow, workshop, kompetisi standup comedy, hingga ecopreneurs gallery dan berkolaborasi dengan 45 pembicara, 22 mitra kolaborasi yang terdiri dari perwakilan pemerintah, korporasi, NGO/CSO, venture capital, akademisi, dan think thank; serta 26 startup/ecopreneur yang ikut terlibat.

Indonesia Sustainability Fest (ISF) yang diselenggarakan mulai dari 1 Desember 2022 diawali dengan Demo Day Startup Showcase di Soehannal Hall, The Energy Building hingga 2-3 Desember 2022 di Senayan Park (SPARK) Mall, Jakarta.

"Pada Demo Day Startup Showcase yang digagas oleh Medco Foundation berkolaborasi dengan Ecoxyztem, telah terpilih 10 startup yang melakukan pitching di depan para juri. Demo Day tersebut akan menyeleksi lima pemenang utama yang akan diumumkan di akhir rangkaian kegiatan Indonesia Sustainability Fest (ISF)," ujar Roni. 

Baca Juga: Perkuat Sektor Keuangan, Bos OJK Lantik 16 Pimpinan Satuan Kerja Baru

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: