Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anwar Ibrahim Tunjuk Pria Batak Jadi Menteri Malaysia, Ternyata Sosoknya...

Anwar Ibrahim Tunjuk Pria Batak Jadi Menteri Malaysia, Ternyata Sosoknya... Kredit Foto: Bernama
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kabinet Malaysia baru yang dipimpin oleh Perdana Menteri Anwar Ibrahim resmi dilantik pada Sabtu (13/11/2022) sore waktu setempat. 

Dilansir AFP, susunan kabinet tersebut terdiri atas 28 menteri. Dua wakil perdana menteri dari Barisan Nasional (BN) Ahmad Zahid Hamidi dan Gabungan Parti Sarawak (GPS) Fadillah Yusof, sedangkan Anwar memegang jabatan menteri keuangan.

Baca Juga: Tok! Anwar Ibrahim Umumkan 29 Nama Menteri Kabinetnya, Menteri Keuangan Dirangkap

Kabinet kepemimpinan Anwar lebih sedikit dari tim kabinet yang pernah dipimpin oleh Ismail Sabri Yaakob dan Muhyiddin Yassin. Di bawah pemerintahan Ismail Sabri, ada 31 menteri dan 38 deputi sedangkan Muhyiddin memiliki kabinet yang terdiri dari 32 menteri dan 38 deputi.

Dari hampir 30 menteri yang ada, ada satu orang yang mungkin menarik perhatian orang Indonesia. Yang unik itu, adalah terdapat seorang menteri berdarah Indonesia yang masuk dalam jajaran kabinet Anwar. Ia adalah Saifuddin Nasution Ismail yang menjabat Menteri Dalam Negeri Malaysia.

Namun perlu diingat, sosok Saifuddin Nasution sempat masuk dalam kabinet pemerintahan Mahathir Mohamad sebagai Menteri Perdagangan Dalam Negeri dan Urusan Konsumen Malaysia periode 2018-2020.

Melansir IDNTimes, parlimen.gov.my menginformasikan bahwa Saifuddin Nasution berdarah Mandailing bernama lengkap YB Dato' Saifuddin Nasution Bin Ismail lahir di Singapura, pada 7 Desember 1963. 

Pria berusia 54 tahun ini adalah penggiat politik di Malaysia, yang berasal dari Partai Keadilan Rakyat (PKR), dalam koalisi oposisi Pakatan Harapan (PH). PH sendiri adalah koalisi politik informal yang ada di Malaysia.

Dalam struktur organisasi PKR, Saifuddin mengisi jabatan strategis kepartaian tak tanggung-tanggung, yakni sekretaris jenderal sejak 2010. Ia dilantik menjadi Sekretaris Jenderal PKR, menggantikan Salehuddin Hashim

Latar belakang pendidikan Saifuddin Nasution dari Tamagawa Gakuen, Tokushima, Jepang dan mendapatkan lencana kepengurusan latihan. Saifuddin Nasution mendapatkan gelar sarjana sains dalam bidang Agronomi, dari Universiti Putra Malaysia.

Ismail sebenarnya merupakan patronimik, bukan nama keluarga. Sementara Sekjen PKR ini lebih memilih untuk dipanggil dengan nama Saifuddin Nasution.

Nama “Nasution” sendiri merupakan tanda keturunan Mandailing, tepatnya dari Mandailing Natal, sebuah kabupaten di Sumatera Utara, Indonesia.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Rabu Pon, Jokowi Disinggung: Urgentnya Apa Sih? Mending Pakde Fokus Kerja Disisa Masa Jabatannya..

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: