Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Aneh! Lulusan Fisika dari Kampus Ternama Dunia, Sam Bankman-Fried FTX Klaim Salah Hitung Uang Rp122 Triliun

Aneh! Lulusan Fisika dari Kampus Ternama Dunia, Sam Bankman-Fried FTX Klaim Salah Hitung Uang Rp122 Triliun Kredit Foto: Twitter/financelygroup
Warta Ekonomi, Jakarta -

Baru-baru ini, pendiri FTX, Sam Bankman-Fried memberikan penjelasan yang aneh saat ketahuan bahwa perusahaannya kehilangan anggaran USD8 miliar (Rp122 triliun) yang memaksa platform cryptocurrency itu hancur ke dalam kebangkrutan. Bankman-Fried mengklaim dia salah menghitung.

Bankman-Fried bergegas menjelaskan apa yang terjadi di FTX selama wawancara dengan Bloomberg dari penthouse mewahnya di Bahama. Selama wawancara, miliarder kripto ini mengeluarkan spreadsheet yang merinci matematika buruk yang dia gunakan saat mendekati investor untuk potensi bailout detik terakhir dari FTX dan perusahaan perdagangan afiliasinya, Alameda Research.

Melansir New York Post di Jakarta, Senin (5/12/22) di bagian berlabel, "Apa yang saya *pikirkan*", Bankman-Fried mencantumkan utang USD8,9 miliar (Rp136 triliun) dibandingkan dengan aset hampir USD28 miliar (Rp430 triliun), USD9 miliar (Rp138 triliun) di antaranya konon berupa aset likuid.

Baca Juga: Dua Miliarder Investor Besar Dukung Sam Bankman-Fried FTX: Sebut Saya Gila, Tapi Saya Pikir...

Di bagian lain dengan angka sebenarnya, FTX memiliki aset likuid USD8 miliar (Rp122 triliun) lebih sedikit daripada yang diklaim oleh Bankman-Fried. Reporter Bloomberg kemudian menunjukkan perbedaan USD8 miliar.

“Anda salah menempatkan USD8 miliar?” tanya reporter itu.

Misaccounted (salah perhitungan),” jawab Bankman-Fried, yang mengambil jurusan matematika saat lulus dari MIT dengan gelar Sarjana Fisika.

Laporan tersebut menyoroti sejauh mana keuangan untuk FTX dan Alameda bercampur sebelum perusahaan jatuh ke dalam kebangkrutan. Bulan lalu, Reuters melaporkan bahwa Bankman-Fried diam-diam mentransfer USD10 miliar (Rp153 triliun) dana klien FTX untuk menopang taruhan berisiko Alameda Research.

Bankman-Fried membuat pembelaan terbarunya atas ledakan FTX dari penthouse mewah tempat dia, mantan kekasihnya Caroline Ellison, dan sekelompok kecil teman sekamar menjalankan FTX dan Alameda Research. Ellison menjabat sebagai CEO Alameda hingga kehancuran perusahaan.

Baca Juga: Antisipasi Penipuan Berkedok Investasi, OJK Perkuat Literasi Keuangan ke UMKM dan Ibu Rumah Tangga

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua