Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rawan Longsor Hingga Gempa, Wapres Ma'ruf Amin Minta Pemda Getol Siapkan Diri Hadapi Bencana

Rawan Longsor Hingga Gempa, Wapres Ma'ruf Amin Minta Pemda Getol Siapkan Diri Hadapi Bencana Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin meminta untuk pemerintah daerah (pemda) untuk selalu bersiap diri dalam menghadapi bencana alam yang akhir-akhir ini sering terjadi. Menurutnya, pemda harus menyiapkan antisipasi serta melakukan mitigasi akan kemungkinan yang dapat terjadi.

"Kita memang sudah memerintahkan agar pemerintah daerah, provinsi dan kabupaten, terutama mereka yang memang merupakan daerah langganan terjadinya bencana itu sudah menyiapkan diri untuk melakukan antisipasi, melakukan mitigasi terhadap hal-hal yang mungkin akan terjadi," kata Wapres dalam keterangannya di Istana Wapres di Jakarta, Senin (5/11/2022).

Baca Juga: Pengamat Pendidikan Siap Dukung Anies Baswedan Jadi Next Jokowi, Alasannya: Dia Gak Mudah Disetir!

Menurutnya, selain memberikan warning terhadap masyarakat untuk mengantisipasi kemungkinan musibah yang akan terjadi. Pemda diharuskan menyiapkan anggaran jika sewaktu-waktu daerahnya terjadi bencana.

"Termasuk anggaran yang harus disiapkan di daerah selain di pusat dan juga tentu aparat di daerah itu badan penanggulangan di daerah dan ini semua kita sudah minta mereka untuk terus bersiap diri menghadapi berbagai kemungkinan," jelas Wapres.

Wapres menegaskan badan penanggulangan bencana baik di pusat dan daerah memiliki peranan yang sangat penting, khususnya pascabencana yang hampir setiap tahun Indonesia mengalami bencana-bencana alam.

Baca Juga: MPP Harus Berkualitas, Ini Empat Poin Arahan Wapres Ma'ruf Amin

"Kita kan sudah punya lembaganya yang penanggulangan bencana dan kita memang karena kita tiap tahun itu selalu mengalami apa itu longsor, apa itu banjir, apa itu gempa, karena memang kita memiliki daerah-daerah rawan gempa dan juga gunung meletus," tegasnya.

Baca Juga: Anies Mesti Batal Diusung NasDem Agar 'All Jokowi's Men' Terwujud?

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua