Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Brand DNA?

Apa Itu Brand DNA? Kredit Foto: Reuters/Mike Blake
Warta Ekonomi, Jakarta -

Brand DNA adalah kumpulan nilai dan karakteristik dari sebuah brand. Elemen-elemen ini diringkas menjadi inti merek. Brand DNA dikaitkan dengan merek di benak para customer, yang terdiri dari tujuan hingga janji perusahaan. Komponen merek menjadi bangunan vital yang membentuk DNA. Hasilnya harus relevan, ekspresif, dan efektif agar beresonansi dengan audiens.

Brand DNA menjadi pembeda dari para pesaingnya. Ini adalah bagaimana mereka berperilaku, bertindak, dan berinteraksi dengan orang lain. Brand DNA adalah alasan mengapa pelanggan memilih hubungan mendalam dengan satu merek daripada yang lain.

Brand DNA adalah esensi atau jiwa dari merek. Nilai inti, keyakinan, dan prinsip memandu keputusan bisnis. Brand DNA menjadi fondasi kesuksesan, terlebih lagi untuk merek premium dan terhubung secara emosional.

Baca Juga: Apa Itu Brand Purpose?

Brand yang sukses seringkali lebih berfokus pada penciptaan brand DNA yang menarik daripada bersaing dengan merek sejenis. Brand positioning mereka didasarkan pada siapa mereka dan apa yang mereka perjuangkan, bukan dengan siapa mereka bersaing. 

Merek yang menonjol sangat bagus dalam menciptakan citra yang bertahan lama, namun ini berarti mereka harus berhati-hati dengan apa yang mereka lakukan, bagaimana mereka memasarkan diri mereka sendiri, dan produk apa yang mereka jual.

Brand DNA berfungsi seperti batu loncatan, memberi bisnis motivasi dan energi yang dibutuhkan untuk berdiri tegak dan maju dengan percaya diri.

Brand DNA adalah inti dari identitas Anda sebagai sebuah bisnis. Ini mendefinisikan apa yang membuat Anda unik dan dapat dibedakan dari pesaing Anda, sehingga memberi pelanggan alasan untuk membeli dari Anda daripada pesaing Anda.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: