Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kalau Gagal Jadi Presiden, Zulfan Lindan Sebut Anies Baswedan Bisa Gantikan Surya Paloh

Kalau Gagal Jadi Presiden, Zulfan Lindan Sebut Anies Baswedan Bisa Gantikan Surya Paloh Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sudah dideklarasikan oleh Partai Nasional Demokrat atau NasDem sebagai bakal calon presiden (capres) 2024 mendatang.

Kendati sudah dicalonkan, namun Anies disebut masih bisa gagal masuk kontestasi karena koalisi yang tak kunjung terbentuk.

Berandai-andai jika Anies Baswedan gagal nyapres, politikus senior dan mantan Kader Nasdem Zulfan Lindan punya berbagai saran untuk Anies. 

Menurut Zulfan Lindan suara NasDem sudah cukup diuntungkan dengan mendeklarasi Anies Baswedan. Namun elektabilitas bisa merosot jika partai Surya Paloh gagal memajukan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Baca Juga: Capai Kesepakatan Final, Elite NasDem Punya Kabar Baik Terkait Deklarasi Koalisi Anies Baswedan!

Oleh karena itu, Zulfan Lindan menyarankan untuk menjaga suara NasDem Anies perlu menjadi ketua umum partai biru tersebut.

"Saran saya buat Anies, pertama kalau Anies mau membesarkan NasDem, ingin bersama NasDem minta dulu dia jadi ketua umum," ujar Zulfan Lindan dalam perbincangan di Total Politik.

Selain mengatakan Surya Paloh, Zulfan Lindan merekomendasikan Anies kembali lagi ke dunia pendidikan dan menjadi akademisi.

"Yang kedua, Anies udah lah cari jalan aja bagaimana dia ngajar di Amerika dulu. Ngajar sampai 2024 pulang sudah kayak Nurcholis Majid jadi guru bangsa," kata Zulfan Lindan.

"Ambil aja lah peran itu, belajar filsafat," imbuhnya.

Saran ketiga dari Zulfan Lindan adalah menyerah dan mau diperalat NasDem untuk berkampanye meski tak dapat kursi capres.

"Jadi yang ketiga ya Anies ya udah nyerah aja siap diperalat biar kampanye untuk NasDem enggak dapat apa-apa," saran Zulfan Lindan.

Baca Juga: Anies Baswedan Sengaja Diundang ke Pernikahan Kaesang, Supaya Presiden Jokowi Tidak Dicap Sebagai Pendendam

"Jadi pilihannya kita serahkan pada Pak Anies Baswedan," tambahnya.

Dari ketiga saran di atas, menurut Zulfan Lindan paling tidak mungkin Anies menyerah dan mau diperalat tanpa dapat apa-apa.

Lebih lanjut, Zulfan Lindan menyebutkan jika Anies disingkirkan dari NasDem maka nasib NasDem yang akan lebih berat.

Baca Juga: Selamat Hari Antikorupsi Sedunia, Warganet Ingatkan Anies Baswedan Soal Lem Aibon Rp81 Miliar

"Kalau di NasDem tanpa ada Anies siap-siap lebih banyak yang hengkang, kan sekarang naik dengan Anies capres, tiba-tiba Anies enggak jadi, terus Anies bukan ketua umum, enggak mau jadi jurkam, nanti banyak kader NasDem ke partai lain," kata Zulfan Lindan.

Baca Juga: Heru Budi Tanam Ribuan Pohon, Sedangkan Anies Hobinya Tebang Pohon

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua