Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Rampungkan Proyek Kelistrikan Tegangan Tinggi di Sulteng

PLN Rampungkan Proyek Kelistrikan Tegangan Tinggi di Sulteng Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT PLN (Persero) merampungkan pembangunan Gardu Induk (GI) 150 kilovolt (kV) Donggala, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Incomer 2 Phi Donggala–Silae dan SUTT 150 kV Incomer 2 Phi Donggala–Pasangkayu.

Adapun proyek tersebut berhasil dirampungkan dengan capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 88,14 persen dan akan makin memperkuat sistem kelistrikan di Sulawesi Tengah.

Bupati Kabupaten Donggala, Kasman Lassa menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas rampungnya pembangunan sistem kelistrikan di Kabupaten Donggala.

Baca Juga: PLN Klaim Siap Dukung Pemerintah Wujudkan Net Zero Emission di 2060

"Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Donggala, kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah membangun insfrastruktur kelistrikan di wilayah Kabupaten Donggala," ujar Kasman dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (16/12/2022). 

Kasman berharap kehadiran infrastruktur kelistrikan ini bisa dinikmati seluruh masyarakat Donggala yang berjumlah lebih dari 340 ribu orang. Sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

"Saya berharap listrik ini dapat dinikmati oleh kurang lebih 340 ribu penduduk yang tersebar di 16 kecamatan, sembilan kelurahan, 158 desa untuk meningkatkan kesejahteran rakyat dari segala lini profesi yaitu nelayan, pengusaha, sektor jasa, pelayanan dan lainnya,” ujarnya. 

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi, Defiar Anis mengatakan, pengoperasian infrastruktur ini ditandai dengan pemberian tegangan pertama (energize) untuk line 2 (sirkit II) pada 7 Desember 2022 pukul 17.00 WITA dan untuk line 1 (sirkit I) berhasil di-energize pada 14 Desember 2022 pukul 10.35 WITA.

Anis menyebut kehadiran infrastruktur ini untuk meningkatkan keandalan serta memenuhi kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat Donggala karena selama ini pasokan listrik di Kabupaten Donggala dipasok melalui Gardu Induk Silae dan Pasangkayu.

“Selama ini pasokan listrik untuk Kabupaten Donggala dipasok dari GI 150 kV Silae dan GI 150 kV Pasangkayu, di mana lokasi kedua Gardu Induk yang cukup jauh mengakibatkan kualitas pasokan listrik tidak maksimal, dengan adanya GI 150 kV Donggala ini akan meningkatkan kualitas pasokan listrik bagi masyarakat Donggala,” ujar Anis.

Anis mengatakan, infrastruktur ini juga untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Sulawesi guna memberikan kualitas pelayanan terbaik untuk masyarakat Donggala.

“Penyelesaian pembangunan GI ini merupakan bentuk komitmen PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, dipastikan masyarakat Donggala dapat menikmati listrik yang andal," ujarnya.

Baca Juga: Satgas Pangan Polres Gianyar Pantau Harga Beras di Pasaran

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: