OYO Catat Pertumbuhan Pemesanan Akomodasi yang Signifikan, Capai 90%
Di tengah kondisi pasang surut industri pariwisata akibat pandemi Covid-19, OYO berhasil mencatat pertumbuhan yang positif pada pemesanan akomodasi yang mengalami peningkatan sebesar 90% untuk periode di bulan Mei sampai November 2022 dibandingkan dengan periode di tahun sebelumnya.
Terkait dengan hal ini, Ankit Tandon selaku Global CBO & CEO Southeast Asia and Middle East OYO menilai bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar paling strategis bagi OYO. Oleh karenanya OYO sebagai travel-tech company berkomitmen untuk turut menggairahkan kembali industri pariwisata dan hostpitality Indonesia di tengah transisi pascapandemi.
Setelah menghadapi berbagai tantangan akibat pandemi yang melanda, OYO optimis dengan pertumbuhannya ke depan, terutama dengan melihat pada kebangkitan industri pariwisata saat ini.
Baca Juga: OYO Hadirkan Asuransi Perjalanan Bagi Tamu yang Menginap Tanpa Biaya Tambahan
"Permintaan pemesanan akomodasi domestik meningkat tinggi, bahkan Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan yang paling tinggi. Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk berwisata dan melakukan perjalanan bisnis. Kami akan memaksimalkan momentum ini untuk melakukan penetrasi pasar secara lebih mendalam serta meningkatkan properti penginapan kami secara keseluruhan termasuk properti penginapan premium, serta meningkatkan dukungan terhadap Patron dan tamu," tutur Ankit dalam media rilis pada Senin (19/12/2022).
Sebagai upaya untuk membangkitkan industri akomodasi di Indonesia, OYO telah meluncurkan berbagai produk dan layanan dalam beberapa bulan terakhir ini, seperti fitur Co-OYO yang dapat membantu Patron, yaitu mitra properti OYO dalam memberikan penawaran promosi untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan memaksimalkan pendapatannya.
Kemudian ada OYO360 yang merupakan fitur self-onboarding berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dapat memberikan langkah sederhana bagi pemilik properti yang ingin mendaftar menjadi mitra OYO dengan mudah.
Pertumbuhan pemesanan signifikan yang dicapai oleh OYO ini merupakan capaian kinerja yang didorong oleh tren liburan dan perjalanan pada momentum hari besar, seperti Hari Raya Idul Fitri dan Hari Kemerdekaan RI. Tercatat pada Mei 2022, momen libur Idul Fitri mampu meningkatkan pemesanan penginapan OYO mencapai 82% YoY. Sementara pertumbuhan pemesanan berlanjut pada libur panjang Hari Kemerdekaan RI di Agustus 2022 yang berhasil mendorong capaian pertumbuhan pemesanan OYO hingga 72% YoY.
Kota-kota wisata yang menjadi pilihan destinasi wisata favorit seperti Bandung, Bali, Yogyakarta, Malang, dan Lampung juga turut berkontribusi dalam pertumbuhan pemesanan sebesar 114% pada Mei sampai November 2022 YoY. Selain itu juga kota-kota bisnis seperti Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bekasi, dan Medan juga mencatatkan pertumbuhan pemesanan rata-rata 52% pada periode yang sama.
Untuk memperkuat inovasi layanan pelanggannya, OYO juga menghadirkan program OYO Wizard yang merupakan layanan keanggotaan bagi pelanggan setia OYO di mana program ini kini telah memiliki sebanyak 550.000 anggota. Melalui program ini, pelanggan dapat menikmati berbagai keuntungan mulai dari cashback, diskon khusus, hingga diskon tambahan.
Dukungan OYO kepada pelanggan juga dilakukan melalui penerapan standarisasi Clean, Health, Safety, Enviromental Sustainability (CHSE) oleh Patron, Sanitized Stay, VaccinAid, serta contactless check-in bagi pelanggan. Di mana OYO juga menggandeng PT Chubb Insurance untuk memberikan layanan asuransi perjalanan tanpa biaya tambahan bagi para tamu untuk memberikan proteksi perjalanan tamu OYO di masa pandemi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: