Yayasan WWF Indonesia Resmi Luncurkan E-Commerce Ramah Lingkungan
Organisasi mayarakat madani berbadan hukum Indonesia yang bergerak di bidang konservasi alam dan pembangunan berkelanjutan, Yayasan WWF Indonesia kini telah secara resmi meluncurkan toko berbasis digital atau e-commerce WWF Official Store yang mengusung konsep ramah lingkungan, yaitu shop.wwf.id.
Secara resmi diluncurkan pada 19 Desember 2022 dan secara simbolis peluncurannya disahkan oleh Aditya Bayunanda selaku CEO Yayasan WWF Indonesia, Rina Aryanti selaku Direktur PT Panda Lestari, Aji Kurniawan selaku Senior Partnership Specialist (Consultant) WWF Indonesia, dan Joko Sarjito selaku Head of Climate and Market Transformation WWF Indonesia melalui pemotongan tumpeng yang bertempat di Graha Simatupang, Tower 2 Unit C Lantai 1, Jakarta Selatan.
"Hari ini menjadi suatu momentum bagi kami keluarga besar WWF Indonesia untuk memiliki sebuah platform digital, kami sebut WWF Official Store ID. Nanti dalam waktu dekat juga ada physical store-nya dan mungkin teman-teman juga bisa menemui toko ini retail market yang ada. Banyak kerjasama yang akan kita gagas ke depannya," tutur Rina Aryanti dalam acara peluncuran pada Senin (19/12/2022).
Baca Juga: Kembangkan UMKM Lokal, Bhinneka Usung Konsep Pentahelix dalam Kolaborasi Pemerintah
PT Panda Lestari sebagai perusahaan yang dibangun pada 2011 lalu dan dimiliki oleh Yayasan WWF Indonesia telah menerima amanah untuk menjalankan shop.wwf.id. Dalam hal ini, Aditya Bayunanda selaku CEO Yayasan WWF Indonesia menyampaikan, "[peluncuran WWF Official Store] ini sebenarnya perjalanan panjang, jadi Panda Lestari ataupun ini sudah ada sejak sepuluh tahun yang lalu tapi baru sekarang berani untuk mendeklarasikan dirinya menjadi official store untuk merchandise dari WWF Indonesia."
Aditiya turut menjelaskan bahwa melalui penjualan dari WWF Official Store yang dijalankan oleh Panda Lestari, nantinya sebagian dari hasil penjualan akan diberikan kepada Yayasan WWF Indonesia untuk mendukung program-program yang dijalankan oleh WWF Indonesia utamanya terkait dengan program konservasi. Meski saat ini toko masih berupa toko online, Aditya turut menekankan bahwa ke depannya WWF Indonesia juga akan menghadirkan toko fisik.
Hal ini pun selaras dengan yang disampaikan oleh Aji Kurniawan selaku Senior Partnership Specialist WWF Indonesia. Ia mengatakan, "kita akan punya toko fisik, jadi yang sekarang kita into digital. Karena kita tahu berdasarkan data saat ini kita sangat digital sekali dalam kehidpuan sehari-hari. Nah, kenapa harus punya e-commerce platform sendiri? Karena memang kita tujuannya simple, kita ingin memberi benefit yang lebih kepada member WWF Indonesia, dan juga kepada orang-orang yang mengagumi produk-produk dari WWF Indonesia."
Turut bermitra dengan BNI untuk penerbitan Kartu Kredit BNI, WWF turut menjadikan produk-produk dari WWF Official Store sebagai gimmick merchandise dalam Program Reward Belanja Kartu Kredit BNI-WWF. Melalui program ini, nasabah BNI bisa mendapatkan berbagai macam produk WWF Official Store sesuai dengan total transaksi yang telah ditentukan sebelumnya.
"Produk-produk dari WWF Official Store merupakan hal menarik yang dapat mengundang para nasabah untuk terus menggunakan kartu kredit BNI-WWF, di mana sebagian dari total transaksi akan diberikan kepada Yayasan WWF Indonesia untuk mendukung program konservasi yang dilakukan. Dengan menggunakan produk-produk dari WWF Official Store, kami juga berhadap dapat mengedukasi nasabah mengenai gaya hidup ramah lingkungan dengan menggunakan produk-produk sustainable yang terdapat di shop.wwf.id," ujar Erick Runtu selaku VP Card Business BNI.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: